Published On: Rab, Jun 29th, 2016

Tahun Ini Tuban Memberangkatkan Transmigran 10 KK

TUBAN

seputartuban.com – Bertahun-tahun Kabupaten Tuban tidak memberangkatkan transmigran dalam program Transmigrasi, baru mulai tahun 2015 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban kembali dapat memberangkatkan warganya. Kemudian tahun 2016 kembali memberangkatkan 10 Kepala Keluarga (KK).

Kepala Dinsosnaker, Nurjanah

Kepala Dinsosnaker, Nurjanah

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Tuban, Nurjanah, mengatakan tahun 2016 pihaknya akan memberangkatkan 10 KK untuk transmigrasi. Sebelumnya pada november 2015 pihaknya juga telah memberangkatkan 7 KK. “Tahun ini Tuban dapat jatah 10 KK transmigran,” katanya, Selasa (28/6/2016).

Dia melanjutkan, 10 KK tersebut juga sudah ditentukan. Mereka dinyatakan lolos seleksi kesanggupan niat, latar belakang pekerjaan dan lainnya. “Disana mereka harus mengolah lahan atau bertani. Sehingga dalam penyeleksian, kita juga mempertimbangkan latar belakang pekerjaan mereka,” lanjutnya.

Nurjanah mengakui bahwa peminat transmigrasi dari masyarakat Tuban tidak sedikit. Tahun ini yang mengantri sudah ada 22 KK. Sedangkan jatah yang diberikan untuk transmigran Tuban sangat terbatas yakni hanya 10 KK.

Keluarga yang terpilih tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Singgahan, Kecamatan Rengel dan Kecamatan Palang. Dengan lokasi penempatan pada daerah yang sama seperti tahun sebelumnya, yakni di kawasan Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Nurjanah menambahkan, pihaknya telah membekali keterampilan dan persiapan yang matang untuk para calon transmigran dalam bentuk pelatihan. Dengan keterampilan, diharapkan mereka siap memulai kehidupan baru. “Karena di daerah transmigrasi mereka harus mengolah lahan baru serta harus siap beradaptasi dengan lingkungan yang baru,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author