Published On: Ming, Jan 3rd, 2016

Tahun Baru Penjual Ikan Dadakan Menjamur

TUBAN

MENJAMUR : Seorang pedagang ikan dadakan sedang melayani pembelinya yang ramai

MENJAMUR : Seorang pedagang ikan dadakan sedang melayani pembelinya yang ramai

seputartuban.com – Banyak penjual ikan dadakan selama menjelang hingga pasca tahun baru di sekitar tempat pelelangan ikan (TPI). Karena masyarakat yang membeli ikan untuk merayakan pergantian tahun dengan bakar ikan bersama keluarga, komunitas maupun koleganya. Kondisi ini membuat para penjual ikan dadakan memanfaatkan untuk mengambil untung.

Tampak sejumlah tempat penjualan ikan segar ramai keserbu pembeli. Seperti yang terlihat di Pasar Ikan Karangsari, Kecamatan Tuban, Pasar Ikan Kradenan, Kecamatan Palang, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang, serta penjual dadakan di sepanjang jalan raya Palang. “Tahun baru banyak yang cari ikan segar untuk dibakar mas,” ujar salah satu penjual dadakan, Umar Ma’ruf, (32).

Ikan yang laris diburu pembeli, yakni jenis ikan yang biasa dikonsumsi warga dengan cara dibakar. Di antaranya ikan tongkol, ikan togek, ikan kerapu, ikan kuning, dan juga ikan tengiri.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) TPI Palang, Sripan Muh Anton, jumat (1/1/2016), menjelaskan melonjaknya harga ikan karena banyaknya permintaan, bukan karena menurunnya hasil tangkapan ikan. “Kalau jumlah ikan sebenarnya masih cukup, hanya saja permintaan meningkat karena yang minat untuk acara tahun baru cukup banyak,” kata Sripan.

Dia menambahkan, rata-rata mendapatkan pasokan ikan dari nelayan sekitar 15 ton per harinya. Untuk menjaga stabilitas pasar ikan pada tahun baru, pasokan ini ditambah dengan mengandalkan tangkapan ikan hari sebelumnya. “Takut permintaan pasar tidak terpenuhi,” jelasnya.

Diketahui, Ikan tongkol kecil mencapai harga Rp 18.000 – Rp 19.000 dari harga biasa yang hanya Rp 11.000 per kilogram. Untuk ikan togek harga per kilogram saat ini mencapai Rp 24.000, dari harga biasa yang hanya berkisar Rp 11.000.  Jenis ikan kerapu mencapai Rp 30.000 dari harga biasa sekitar Rp 21.000 per kilogram dan juga untuk ikan kuning/krapok bermata besar seharga Rp 17.000 dari harga biasa Rp 9.000 per kilogram. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author