Published On: Kam, Okt 27th, 2016

Tahun 2017, Perangkat Desa Wajib Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

TUBAN

seputartuban.com – Per Januari 2017 nanti seluruh perangkat desa di Kabupaten Tuban diwajibkan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

Kepala Bapemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi

Kepala Bapemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi

Kepala Bapemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi, menyampaikan dalam waktu dekat tiap Kecamatan akan mendapatkan surat edaran dari Bupati Tuban untuk diteruskan ke desa. Surat tersebut terkait sosialisasi kewajiban perangkat desa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan. Surat edaran itu akan menjadi penguat sebagai dasar Pemerintah Desa.

“Pemdes nantinya akan menganggarkan dana untuk semua perangkat desanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” katanya, Rabu (26/10/2016).

Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, dana iuran BPJS akan diambilkan dari anggaran belanja pegawai dalam tunjangan purna tugas dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Sebelumnya, Pemkab Tuban dengan BPJS Naker serta BPJS Kesehatan telah menandatangani Memorandum of  Understanding (MoU), tentang jaminan sosial bagi para perangkat desa. Sehingga ditargetkan tahun 2017 semua perangkat desa di Kabupaten Tuban dapat masuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai program publik, BPJS memberikan hak dan kewajiban secara pasti bagi perusahaan atau instansi pemerintahan dan tenaga kerja berdasarkan Undang-undang No 3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Yang mengatur Jenis Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK). Sedangkan kewajiban peserta yakni tertib administrasi dan membayar iuran. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. name achmad septiyo berkata:

    Semoga lebih dinamis ibu bapak pejabat bisa ngawasi orang yang suka permainan