Published On: Ming, Jun 14th, 2015

Tabungan Akhirat Bukan Tabungan Biasa

MONTONG

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : Sekda Kab. Tuban, Budi WIyana menyerahkan kotak tabungan akhirat kepada Sekretaris Paguyuban sebagai peresmian program

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : Sekda Kab. Tuban, Budi WIyana menyerahkan kotak tabungan akhirat kepada Sekretaris Paguyuban sebagai peresmian program

seputartuban.com – Gerakan cinta sedekah dan peduli sesama dilakukan warga Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Program ini juga dapat digunakan untuk sarana mendidik keluarga dalam bersedekah serta membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Dewan Pembina Paguyuban Tabungan Akhirat, Cipnal Muchlip dalam sambutan peresmian program ini menjelaskan bahwa setiap anggota yang mendaftar kepada pengurus paguyuban mendapatkan kotak. Yang ditempatkan dirumahnya masing-masing. Sedangkan kotak tersebut dalam keadaan terkunci. Kemudian kunci masing-masing kotak disimpan pengurus.

Pengurus foto bersama Sekda Kab Tuban

Pengurus foto bersama Sekda Kab Tuban

Setelah 1 tahun, tiap anggota membawa kotak dalam pertemuan. Dihitung bersama lalu dibahas dan diputuskan bersama terkait penyaluran dananya. “Ini dari masyarakat dikelola masyarakat dan untuk masyarakat. Semua tahapan anggota dilibatkan. Program ini juga dapat mendidik keluarga khususnya pada anak-anak kita,” ungkap Cipnal, Sabtu (13/06/2015).

Kotak ditempatkan dirumahnya masing-masing anggota bertujuan untuk memudahkan sewaktu-waktu bersedekah dengan nominal seadanya. Sedangkan kunci dibawa pengurus karena antisipasi agar kotak tidak dibuka sewaktu-waktu. “Berapapun amal kita bisa dimasukkan sewaktu-waktu tidak harus nunggu banyak. Uang tidak ada yang dibawa pengurus, uang tidak pernah berhenti disalah satu orang,” imbuhnya.

Jika mayoritas penduduk memiliki kotak Tabungan Akhirat ini, jelas akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkanya. “Kenapa banyak yang miskin karena kita banyak yang tidak peduli. Kalau tiap kotak hasilnya sedikit, tapi jumlah kotaknya banyak akan sangat membantu lingkungan,” katanya.

Sekretaris Daerah Kab. Tuban, Budi Wiyana dalam sambutanya sangat mengapresiasi program yang membangkitkan kepedulian masyarakat ini. “Ini sangat bagus dan akan kita evaluasi, kalau memungkinkan akan kita kembangkan,” jelasnya.

Upaya pengentasan kemiskinan sudah dilakukan Pemkab Tuban melalui sejumlah program diantaranya Gematumaskin. Namun akan lebih cepat dan baik jika kepedulian masyarakat bangkit turut serta memperhatikan lingkunganya. “Ini sangat membantu pemerintah daerah. Kami sagat mengapresiasi kepada para pemrakarsa dan pengurus,” tegasnya.

Diketahui awal pembentukan program ini hanya beranggotakan 16 orang. Setelah 2 minggu anggota bertambah menjadi 25 orang. Namun hanya tersedia 20 kotak Tabungan Akhirat, karena pembuatanya tidak dibebakan kepada anggota, melainkan ditanggung pemrakarsa.

Sedangkan pengurus paguyuba ini meliputi Dewan Pembina terdiri dari Cipnal Muchlip M, Abdul Muchtih dan Tarmuji. Ketua paguyuban, Darmadi. Sekretaris paguyuban, Trimulyo, Bendahara Bambang Edi S mereka dibantu seksi-seksi. Setelah diresmikan Sekda Kab. Tuban, program sosial dari masyarakat untuk masyarakat ini mulai dijalankan. ARIF AHMAD AKBAR

Update : Kekompakan Warga Desa Guwoterus Cairkan Tabungan Akhirat

Facebook Comments

About the Author