Published On: Ming, Nov 15th, 2015

Surat Suara Pemilukada Beres Akhir Bulan

TUBAN

SIAP : Petugas KPU Tuban Saat Membungkus ATK Pemilukada 2015

SIAP : Petugas KPU Tuban Saat Membungkus ATK Pemilukada 2015

seputartuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban memastikan surat suara usai dicetak
dan siap didistribusikan pada akhir bulan ini.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Organisasi, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, mengatakan saat ini beberapa perlengkapan siap didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Yakni kotak suara, bilik dan spidol, bolpoin, tinta, lem, karet, tanda pengenal, dan plastik. Sedangkan surat suara, formulir berita acara dan juga sampul masih dalam proses cetak. “Untuk surat suara akhir bulan ini dipastikan sudah jadi, dan kita tidak perlu melipat sebab sudah dilipat dari percetakan,” jelas Yayuk, Minggu (15/11/2015).

KPU Kab. Tuban hanya akan membagi surat suara tersebut sesuai dengan jumlah pemilih tiap PPK. “Minggu depan kita akan mulai mendistribusikan ATK, kotak suara dan biliknya terlebih dulu,” sambungnya.

Surat suara yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT sebanyak 936.768 pemilih terdiri dari laki-laki sebanyak 462.139 pemilih dan perempuan sebanyak 472.629 pemilih. Mereka tersebar di 328 desa dan kekurahan dengan jumlah TPS sebanyak 1.863. Jumlah surat suara yang disediakan ditambah 2,5 persen tiap TPS untuk mengantisipasi gangguan teknis saat coblosan.

“Untuk tambahan surat suara tidak jumlah global pemilih, tetapi tambahan 2,5 persen itu dari kebutuhan tiap-tiap TPS,” ujar Yayuk.

Surat suara pendistribusiannya akan dilakukan 5 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Hal ini dilakukan karena pertimbangan keamanan. Sebelum didistribusikan, surat suara disimpan di Gudang KPU Kab. Tuban, agar pengamanan mudah dilakukan. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author