Published On: Sel, Jun 5th, 2012

Supermoon, Warga Abadikan Fenomena Langka

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

TUBAN

seputartuban.com – Gerhana bulan total atau Super Moon, terlihat jelas di langit Pantai Utara, Kabupaten Tuban, Jatim, senin (04/06/2012) sekitar pukul 18.30 – 20.00 WIB. Fenomena unik dan langka ini menarik minat warga Tuban untuk datang ke pantai, guna menyaksikan serta mengabadikan momen Gerhana bulan total yang jarang terjadi ini.

Kejadian alam gerhana bulan total atau yang biasa dikenal dengnan istilah Super Moon yang jarang terjadi ini, langsung menarik perhatian warga Kabupaten Tuban. Terutama yang tinggal di pinggiran Pantau Utara. Dengan membawa peralatan seperti kamera dan foto, sejak sore sejumlah warga Tuban sudah memadati kawasan Pantai Utara Tuban, untuk menyaksikan Gerhana Bulan total, yang sangat jarang mereka saksikan.

Selain dengan peralatan kamera, warga yang berkumpul di bibir pantai ini dapat menyaksikan proses Gerhana Bulan super, secara langsung melalui mata telanjang.

kehadiran Super Moon ini, menjadi mitos sebagian warga yang tinggal di pinggiran Pantai Utara Tuban, tepatnya sebagian warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, dan warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Bagi warga yang punya usaha warung kopi di pinggir pantai, warga langsung melakukan ritual dengan cara memukuli barang dagangannya, agar dagangannya laris saat terjadi Super Moon ini.

“kata orang sih ini biar laris mas, terutama saat terjadi Gerhana Bulan total seperti ini,” ujar Asih, salah satu penjaga warung kopi di pinggir Pantai Utara.

Sejumlah warga mengaku meski fenomena Gerhana Bulan kali ini terlihat tidak sempurna atau sebagian, namun ukuran bulan yang tampak lebih besar dari biasanya, membuat warga cukup penasaran dan memilih mengabadikan fenomena alam tersebut dengan peralatan yang mereka bawa.

Gerhana Bulan total atau Super Moon terlihat jelas di atas langit timur, Tuban. Bulan terlihat hilang sebagian, atau tidak sempurna. Kejadian langka ini terjadi antara pukul 18.30 petang hingga pukul 20.00 WIB, senin (04/06/2012).

Foto : Supermoon di Tuban

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. jus qomar berkata:

    ini gerhana bulan / supermoon?
    Bukane beda?