Published On: Sel, Jul 14th, 2015

Sulap Lahan Tidur Jadi Gengsi Ekonomi Warga

RENGEL

BEKAS KUBANGAN: Penyebaran 2.000 benih ikan jenis nila dan mujair oleh jajaran Muspika Rengel, Senin (13/07/2015) pagi.

BEKAS KUBANGAN: Penyebaran 2.000 benih ikan jenis nila dan mujair oleh jajaran Muspika Rengel, Senin (13/07/2015) pagi.

seputartuban.com–Desa sebagai basis solusi dari berbagai permasalahan yang ada harus bisa memajukan dan mensejehaterakan masyarakat.

Misi itulah yang saat ini diemban penggawa tiga pilar pembangunan desa. Ketiga pilar itu adalah kepala desa, bintara pembina desa (Babinsa) serta bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas).

Kapolsek Rengel AKP Musa Bachtiar, mengatakan keberadaan ketiga pilar itu menjadi langkah konkrit menghadapi semua permasalahan di tingkat pedesaan.

Oleh sebab itu, harus dibuat sebuah kebijakan atau kesepakatan antara tiga pilar tersebut agar desa bisa menjadi basis solusi dari berbagai permasalahan yang ada.

“Dengan begitu, cita cita untuk memajukan dan mensejehaterakan masyarakat bisa terjadi ” ujarnya usai peluncuran demplot keramba ikan memanfaatkan lahan tidur bekas kubangan memandikan ternak di Rengel, Senin (13/07/2015) pagi.

Musa menjelaskan, pemanfaatan lahan tersebut merupakan terobosan untuk tambahan penghasilan bagi warga setempat pasca musim kemarau.

Apalagi hampir setengah wilayah Kecamatan Rengel merupakan daerah langganan banjir ketika musim hujan tiba.

“Areal persawahan di sini (Rengel) hanya dapat ditanami padi. Paling bagus dua kali tanam. Karena ketika musim penghujan bisa tergenang air selama tiga bulan lebih,” kata dia.

Menurut Musa, percontohan kolam keramba ikan tersebut sangat cocok. Selain didukung fasilitas air yang mencukupi maka kecil harapan ikan menjadi setres dan mati.

Camat Rengel Mahmud, berharap terobosan ketiga pilar pembangunan desa tersebut bisa menjadi solusi mensejahterakan warga.

“Ke depan akan kita kembangkan di wilayah lain,” katanya di sela penyebaran 2.000 benih ikan jenis nila dan mujair yang diikuti jajaran Muspika Rengel.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author