Published On: Ming, Des 1st, 2013

Suka Buat Rumus Matematika, Juarai Olympiade di Australia

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Ahmad Zaki Mubarok (13), anak pasangan Agung Supriyanto (42) dan Kasianti (40), warga Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Dia memeiliki kegemaran membaca, serta membuat rumus matematika dalam menyelesaikan tugas sekolahnya.

Juara Olimpiade Australia

BERBUAH MANIS : Juarai olimpiade di Australia

Atas kebiasaan inilah, dia berhasil menjuarai Olympiade Internasional Competitions And Assesments For Schol (ICAS). Kompetisi dibidang matematika dan cara hitung diselenggarakan oleh Universitas Of New South Wales Sydney Australia, Oktober 2013.  Zaki mengikuti perlombaan ini mewakili peserta dari Kabupaten Tuban, dan patut dibanggakan. Dia meraih juara 2 dalam ajang bergengsi ini.

Saat ditemui di sekolahnya, SMP Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban, Jum’at (29/11/2013) mengatakan bahwa kunci keberhasilan adalah dengan tekun belajar. Setiap hari tidak kurang dari 2 sampai 3 rumus selalu dipelajari. Bahkan tidak jarang harus membuat rumus -rumus sederhana buatanya agar dia mudah memahami.

Sejak kecil dia suka untuk mengerjakan soal matematika. Kesulitan yang dihadapi selalu ditanyakannya pada bapaknya yang bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Tuban. Keseriusannya itu kini membuahkan hasil dalam prestasi akademiknya. Dia bercita-cita menjadi pencetus atau penemu rumus -rumus matematika agar mudah dipelajari bagai pelajar.  “Suka baca dan mengerjakan soal. Kalau rumus-rumus gitu dihafal saja. Pas ada soal bisa mengerjakan, ” katanya.

Sebelumnya, Zaki selain menjuara kompetisi Matematika tingkat Kabupaten, juga tingkat Provinsi Jawa Timur. (han)

Facebook Comments

About the Author