Published On: Sel, Okt 7th, 2014

Sudah Tua, Guru Madrasah Mengundurkan Diri Dari Sertifikasi

Share This
Tags

TUBAN

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhlisin Mufa

seputartuban.com – Dari 186 guru madrasah dilingkungan Kementrian Agama Kab. Tuban yang telah ditetapkan lolos mengikuti tahapan Sertifikasi guru, 6 diantaranya mengundurkan diri. Karena mereka merasa sudah tidak mampu mengikuti proses Pendidikan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) selama sepekan lebih di Surabaya.

Dari 180 guru yang dinyatakan lolos pemberkasan guru sertifikasi tahun 2014 ini, 146 guru kelas dan 34 lainya adalah guru mata pelajaran. Mundurnya peserta dari PLPG secara otomatis menggugurkan keenamnya menjadi tidak lolos dan berhak mendapatkan tunjangan profesi.

“Ada 6 guru yang mengundurkan diri dari calon guru sertifikasi, alasan usia sudah lanjut, meninggal. Seharunya ereka harus mengikuti uji kompetensi untuk menentukan layak tidaknya sebagai guru sertifikasi,” jelas Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Tuban, M Muhlisin Mufa, Senin (5/10/2014).

PLPG selama 9 ari ini untuk meningkatkan kwalitas pendidikan melalui tenaga pengajarnya. “Nanti mereka yang lulus akan mendapatkan tunjangan sertifikasi setiap bulannya sebesar Rp. 1,5 juta. Terutama guru swasta bisa lebih meningkat dan juga kualitas guru bisa ditingkatkan sehingga mutu pendidikan lebih baik,” harap Muhlisin.

Ketentuan lain menyebutkan bagi guru peserta PLPG yang tidak lolos tahap pertama ini akan mengikuti ujian ulang. Jika masih tetap tidak lulus, maka guru tersebut akan mengulang hal serupa tahun berikutnya.

Diketahui, pelaksanaan PLPG dilaksanakan di Hotel Twin Surabaya, Grand Park Hotel, Vini Vidi Vici Hotel dan PU Injoko Surabaya. Sedangkan yang menguji atau pelaksanan PLPG adalah Team Asesor dari Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) atau Panitia Sertifikasi Guru. Sedangkan untuk guru kelas RA/MI dan mata pelajaran Agama di LPTK UIN sunan Ampel Surabaya. Sedangkan bagi guru mata pelajaran umum mengikuti PLPG di LPTK UNESA. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos