Published On: Rab, Jun 13th, 2012

Suami “Jajan” Istri Tertular HIV/AIDS, Sejak Tahun 2000 Sebanyak 119 Warga Terjangkit

Share This
Tags

Penulis : Rini N.A

TUBAN

seputartuban.com – Sejak tahun 2000 hingga 2012  ada sekitar  119 kasus warga Tuban yang terserang Penyakit Human immunodeficiency virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Jumla itu mulai dari yang terjangkit hingga yang sudah meninggal.

Staf Bagian HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Agus Waskito kepada seputartuban.com, Rabu (13/06/2012) mengungkapkan bahwa paling banyak faktor penyebab banyaknya jumlah penderita HIV/AIDS diatas disebabkan karena sex bebas, sehingga tertular oleh penderita yang lain.

Selama awal tahun 2012 ini saja tercatat pada Januari sebanyak ada  3 warga yang positif terjangkit penyakit yang mematikan tersebut. Februari ada 1 warga penderita, Maret  4 penderita, April 3 penderita, Mei  ada 4 penderita.  Sedangkan yang sampai meninggal  dunia berjumlah 2 orang. Sehingga selama Januari hingga Mei sebanyak 17 penderita HIV/AIDS baru di Kabupaten Tuban.

Sedangkan penderita paling banyak adalah dari kalangan ibu rumah tangga karena tertular dari suaminya.“kaum ibu yang terbilang baik, yang hanya dirumah bisa juga tertular Karena tertular oleh suaminya. Sedangkan kalau untuk balita, mereka terjangkit karena dari ibunya saat mengandung, dan pada saat mengandung tersebut ibu sudah positif terjangkit HIV, sehingga balitanya ya ada dalam kandungan tertular oleh ibunya melalui plasenta “ ungkap Agus.

Selama ini usaha tindak lanjut yang sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban adalah, mendapatkan hanya laporan dari pihak Puskesmas setempat, kemudian di rujuk ke rumah sakit Umum, dan dilakukan perawatan rutin di Rumas Sakit Surabaya.

”bagi warga miskin yang terjangkit penyakit mematikan tersebut, mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa fasilitas gratis pengobatan dan pendampingan dari pihak Puskesmas setempat untuk mendampingi berobat di Surabaya,” tambahnya.

Diketahui, HIV/AIDS adalah penyakit yang menyerang daya tahan tubuh manusia. Setiap orang yang positif terjangkit penyakit  mematikan ini biasanya mudah sekali terjangkit penyakit karena kekebalan tubuhnya berkurang.

Adapun beberapa gelaja awal, orang yang  terjangkit HIV AIDS  diantaranya batuk kering yang tidak sembuh-sembuh, kulit gatal diseluruh tubuh, pembengkakan kelenjar (dileher, ketiak, selangkangan) dengan atau tanpa terinfeksi aktif.

Foto : Staf Bagian HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Agus Waskito

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos