Published On: Sel, Mei 6th, 2014

Stok Melimpah Ikan Laut Terjun Bebas

TUBAN

STOK MELIMPAH: Salah satu aktifitas penjualan ikan laut di pasar tradisional Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek.

STOK MELIMPAH: Salah satu aktifitas penjualan ikan laut di pasar tradisional Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek.

seputartuban.com–Setelah sempat terjadi krisis stok ikan laut hampir sebulan kini geliat pasar mulai normal lagi, seiring melimpahnya hasil tangakapan hsil melaut nelayan di Tuban. Bahkan sepanjang pekan terakhir ini terjadi penumpukan stok di berbagai pasar di wilayah Kabupaten Tuban.

Hanya sayangnya, over stok tersebut tak sebanding dengan harga berbagai jenis ikan laut karena harganya mengalami terjun bebas. Penurunan harga mencapai 30-40 persen.

Pantauan seputaratuban.com di sejumlah  pasar tradisional di Bumi Wali, Selasa (06/05/2014), ikan kakap yang sebelumnya dijual Rp 30 ribu per kg kini turun menjadi Rp 20 ribu, ikan tongkol yang awalnya Rp 25 ribu  per kg kini menjadi Rp 15 ribu dan ikan dorang dari Rp 45 ribu per kg kini cuma Rp 25 ribu. Sementara udang yang dulunya seharga Rp 60 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu. Selain itu, cumi-cumi juga turun menjadi Rp 30 ribu dari harga sebelumnya Rp 45 ribu per kg.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Kerek, Dasmirah, mngatakan setelah keadaan laut cukup normal pasokan ikan melimpah ruah namun harga ikan berangsur-angsur turun. Menurut dia, murahnya harga ikan laut membuat penjualan meningkat. Itu karena stoknya banyak dan semua jenis ikan juga tersedia.

“Karena stok lagi banyak, maka pembeli bisa memilih bahkan memesan dulu,” terang dia.

Dikatakan, melimpahnya stok ikan laut karena para nelayan yang ada di Tuban mulai kembali melaut. Imbasnya, tempat pelelangan ikan (TPI) di Kecamatan Tambakboyo sudah kembali dipadati oleh pedagang-pedagang ikan.

“Kalau nelayan mulai melaut seperti sekarang ini otomatis stok ikan sangat banyak. Tapi harganya akan turun”dibanding sebelumnya,” tandas wanita asli Kerek ini. AMIN

Facebook Comments

About the Author