Published On: Ming, Mar 11th, 2012

Stok Darah PMI Menipis, Golongan AB Hanya 4 Kantong

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

Agus Harjunadi S.pd, saat menunjukkan stok darah PMI benar-benar menipis

seputartuban.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tuban kehabisan stok darahnya, saat ini persediaan darah dari para pendonor ini tinggal 57 kantong saja. Padahal jika masyarakat membutuhkan stok ini sangat mengkhawatirkan tidak memenuhi hingga beberapa hari mendatang.

Kepala unit Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela, PMI Tuban, Agus Harjunadi S.pd, kepada seputartuban.com, Minggu (11/03/2012) mengatakan menipisnya stok darah ini dipengaruhi banyaknya permintaan masyarakat, sementara pendonor relatif sedikit atau kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah.

Dijelaskan, untuk setiap hari saja PMI Tuban rata-rata mengeluarkan kurang lebih  5 kantong darah, atau rata-rata sebulan mengeluarkan 160 kantong darah.

“untuk sekarang PMI Tuban memang sangat membutuhkan pendonor darah ,karena kami sudah kehabisan Stock Darah , kalau untuk sehari atau dua hari saja cukup, tapi bila tidak ada yang donor maka kami kehabisan”, jelasnya.

Diketahui, PMI Tuban saat ini masih mempunyai Stok Darah 57 kantong darang yang terdiri dari, darah Golongan A sebangak 22 kantong, darah golongan B sebanyak 15 kantong, darah golongan O sebanyak 20 kantong darah, serta darah golongan AB sebanyak  4 kantong darah.

Dihimbau donor darah selain demi kesehatan pendonor juga bagian dari sosial, karena dapat turut serta membantu masyarakat lainya yang sedang sakit dan membutuhkan darah. Sehingga sudah saatnya masyarakat lebih sadar akan donor darah yang sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat,“kami akan melayani masyarakat bila sangat membutuhkan, dan akan mengelola pengeluaran darah dengan baik, agar stock tidak habis”, jelasnya.

Facebook Comments

About the Author

Displaying 8 Comments
Have Your Say
  1. bethu berkata:

    q tak donor nik nuw…….

  2. baja sosial berkata:

    wah gaswat bgt kui,kl ada yg membutuhkan darah AB gmn tu

  3. joko berkata:

    semoga banyak warga yang sadar akan donor darah,tapi maaf q mau donor itu takut ama jarum suntik,tapi q akan memberi apresiasi yang luar biasa buat pendonor,pahlawan darah bgt loe

  4. nur aini berkata:

    astagfirulloh q sangat prihatin,kemarin q sudah donor darah di PMI,rasanya enak bgt,badan terasa sehat bugar.

  5. bung berkata:

    kie darah AB seng pie ie????

  6. oi pliver berkata:

    kalau boleh tau dIPMI TUBAN boleh beli darah ngak ?

  7. joko berkata:

    PMI adalah tempat mendonorkan darah.

  8. veri berkata:

    mari kita sodaqohkan darah kita buat masyarakat yg mmbuthkan.