Published On: Sab, Apr 5th, 2014

SKCK Merupakan Syarat Pendaftaran Polri Paling Rumit

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan salah satu syarat pendaftaran Brigadir Polisi tahun 2014 ini paling banyak memakan waktu. Karena banyaknya proses yang harus dilalui hingga membutuhkan waktu berhari-hari.

CARI INFO : Siswi SLTA saat mencari  informasi pendaftaran Brigadir Polri di Mapolres Tuban

CARI INFO : Siswi SLTA saat mencari informasi pendaftaran Brigadir Polri di Mapolres Tuban

Yuni Ani (19), salah satu pendaftar Brigadir Polwan asal Kecamatan Rengel, Jum’at (4/4/2014) mengatakan dirinya mengurus SKCK hingga diterbitkan membutuhkan waktu 3 hari. Karena dia harus melakukan surat dari Desa, kantor kecamatan, Polsek dan terakhir ke Polres Tuban. “Yang sulit itu membuat SKCK,” katanya.

Senada disampaikan, Sherly Indah Febriyani (17), warga Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban. Dia juga mengalami kondisi serupa, karena banyaknya syarat agar SKCK dapat diterbitkan. Namun dia tetap menjalaninya agar dapat mendaftar sebagai Polwan, sesuai motivasinya setelah mendapatkan sosialisasi di sekolahnya.

dikonfirmasi usai melakukan pendaftaran menjelaskan bahwa dirinya sudah melengkapi semua persyaratan. Dari semua kelengkapan, terdapat persyaratan yang cukup rumit yakni dalam membuat SKCK. “Sekolah saya sudah 2 kali diberi sosialisasi. Saya malah kepingin. Membuat SKCK yang agak rumit, ” ungkapnya.

Kabag Sumda Polres Tuban, Kompol Agus Parjiyo menjelaskan ditargetkan pendaftar minimal 2.250 pendaftar. Sehingga dilakukan sosialisasi disekolah agar minat siswa menjadi lebih besar untuk menjadi anggota Polri. “Setiap sekolah sekitar 4 kali kita sosialisasi. Polsek juga aktif semua, karena intruksi Kapolda harus memenuhui kuota,” ungkap Agus.

Total target minimal ini 2.250 pendaftar dan 750 diantaranya untuk pendaftar Polwan. Daftar rekapitulasi pendaftaran sementara, sebanyak 48 pendaftar yang sudah melengkapi persyaratan dan 12 diantaranya untuk pendaftar Polwan. “Kalau kurang dari kuota maka akan diserap dari Polda lainnya,” jelasnya.

Diketahui, bahwa pendaftaran mulai dibuka sejak tanggal 26 Maret sampai 19 April 2014. Sedangkan untuk kuota Brigadir Polri tahun 2014 se – Indonesia sebanyak 17. 750. Terdiri dari 7.000 pendaftar dari Polwan dan 10.750 pendaftar Polisi Laki-laki (Polki). (han)

Facebook Comments

About the Author