Published On: Sel, Agu 7th, 2018

Sinergitas TNI-Polri Menguatkan Kapasistas Linmas

seputartuban.com, TUBAN – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Tuban dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Minggu (5/8/2018) bersinergi menjalankan fungsinya. Yakni melakukan pembinaan personil Linmas Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

SEMANGAT NKRI : Babinsa Koramil Tuban saat melatih anggota Linmas Desa Kembangbilo

Di Lapangan Desa Kembangbilo, Sertu Didik dan Bripka Wawan terjun langsung dalam mendidik para personil aparat sipil desa tersebut. Untuk meningkatkan kapasitas kemampuan baris berbaris, gerak jalan, disiplin, dan loyalitas. Mereka menjadi garda terdepan tingkat desa dalam upaya mewujudkan ketentraman di masyarakat sekaligus benteng bagi negara.

Sehingga pelatihan ini sangat perlu dilakukan pada level desa. Karena jika hanya mengandallkan latihan tingkat kabupaten, tentunya kurang biak. Karena jumlahnya se kabupaten Tuban sangat banyak. Sehingga upaya kreatif dan visioner seperti ini sangat perlu dilakukan untuk menguatkan peran Linmas di masyarakat dengan kapasitas yang baik.

“Hal ini bertujuan agar para anggota Linmas memiliki sikap jasmani yang tegap, tangkas, rasa persatuan, rasa disiplin, rasa tanggung jawab serta dapat dipercaya. Serta menguatkan nasionalisme mereka untuk dapat dikembangkan di lingkungan masyarakat,” kata Sertu Didik

Sementara itu, Bripka Wawan menambahkan bahwa satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan dalam penanganan bencana. Sehingga, diharapkan mampu memperkecil dampak dari bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Kepala Desa Kembangbilo Mohamad Abdul Rochim, menyampaikan satuan Linmas adalah satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung pengamanan, ketentraman, ketertiban dan keamanan, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa. Juga membantu membina masyarakat mementingkan kesadaran hukum dalam mencegah segala macam pelanggaran dan kejahatan.

Sehingga pihaknya bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas menggelar pelatihan bagi Linmas. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas. (PENDIM 0811/NAL)

Facebook Comments

About the Author