Published On: Kam, Jul 4th, 2013

Simulasi Pencoblosan Pemilu Di Desa Sugiharjo Ricuh

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Polsek Kota dan Pemerintah Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, menggelar simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah (Pilgub Jatim), Legislatif 2013. Dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Rabu (03/07/2014).

Simulasi Pengamanan Pemilu

SIGAP : Simulasi pengamanan TPS Pemilu

Simulasi ini berlangsung ricuh. Terlihat salah satu warga bernama Imam Suyuti (32) warga desa setempat memprotes panitia. Protes ini berawal ketika akan menyerahkan Kartu Keluarga (KK) miliknya. Dengan maksud untuk mendaftarkan diri mengikuti pencoblosan. Namun upaya ini ditolak panitia. Dengan alasan, KK miliknya tidak terdaftar dalam buku pendaftaran hasil pemutakhiran data pemilih (PDP).

Imam yang baru 4 bulan menjadi warga desa setempat, tidak terima dengan penjelasan panitia. Selanjutnya, Imam berontak dengan menggedor meja sambil mencaci maki panitia. Kericuhan tersebut langsung direspon oleh petugas keamanan Tempat Pemilihan Suara (TPS). Kemudian, Imam langsung dibawa keluar dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan di bawa ke mobil polisi. Peristiwa ini hanya simulasi pengamanan petugas keamanan yang ada di TPS.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sugiharto, Totok Sugeng yang juga menjabat Plt Kades ini saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (03/07/2013) mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kesiapan pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung mendatang. Dan bentuk latihan untuk petugas keamanan dari desa. Serta bentuk koordinasi dengan pihak Kepolisian.

Selain itu, antisipasi segala bentuk gangguan yang berpotensi menggagalkan proses pencoblosan Pemilu. “Menurut aturannya, warga yang berhak mengikuti pencoblosan itu sudah 6 bulan menempati desa. Warga yang diamankan itu baru 4 bulan, sehingga bila ada kericuhan bisa diamankan. Kita hanya simulasi pengamanan, untuk persiapan Pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kota, AKP Basir saat dikonfirmasi mengatakan bahwa simulasi dilakukan untuk melatih petugas keamanan dalam mengamankan kerawanan di TPS.  “Kita sudah diperintahkan dari Kapolres Tuban, AKBP Ucu Supriyadi agar melakukan Latih0an Pra Operasi (lapraop) untuk pengamanan semua kegiatan Pemilu. Hansip 1 kecamatan kita pusatkan latihan di berbagai tempat,” jelasnya. (han)

Facebook Comments

About the Author