Published On: Kam, Okt 25th, 2012

Sidak Hewan Kurban, Petugas Dinas Pertanian Tidak Membuahkan Hasil

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Dinas Pertanian tidak menjumpai hewan kurban saat sidak di berbagai masjib besar di Tuban, Kamis (24/10/2012). Sidak hewan kurban ini meliputi pemeriksaan kesehatan dan jenis penyakit yang dideritanya.

Kepala bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Basoeki, saat dikonfirmasi, menjelaskan bahwa sidak sapi kurban sudah dilakukan di tempat penjualan hewan kurban. Namun tidak ditemukan sapi yang berpenyakit berbahaya.

Begitupun disejumlah masjid, selain masih sedikit jumlahnya karena rata-rata baru sabtu sore atau malam hewan kurban dikirim ke lokasi tempat penyembelihan. Sehingga sidak ini tidak ditemukan hewan kurban yang sedang mengidap penyakit.

“Tadi hanya beberapa sapi yang kami periksa, banyak yang belum di bawa ke masjid. Karena banyak yang menyembelih hari ke dua lebaran, ” ungkapnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Tuban melalui Bidang Peternakan, memeriksa hewan kurban saat penyembelihan dan pembagian daging kurban. Hal ini bertujuan untuk mengetahui daging kurban yang dibagi, apakah mengandung penyakit berbahaya apa tidak.

Sementara itu, salah satu Takmir Masjid Nurul Hikmah, Sumurgung, Ikhwan Siroj, mengatakan kedatangan hewan kurban memang belum begitu banyak. Karena banyak yang mengirimkan pada saat menjelang sholat Idul Adha.

“Kalau hari jumat itu terkendala waktu dengan solat jumat, jadi jumat datang. Sabtu baru di sembelih, namun sebagian juga sudah datang, ” ujarnya.

Foto : Pasar sapi Tuban

Facebook Comments

About the Author