Published On: Ming, Mar 2nd, 2014

Siap-Siap Saja Anggota KPPS Rangkap Jadi Linmas

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu)Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 ini akan beda dengan pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya. Karena hingga saat ini pemerintah pusat melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menganggarkan honor bagi petugas Linmas saat berjaga di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sehingga tugas pengamanan TPS akan dirangkap oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Simulasi Pengamanan Pemilu

SIGAP : Simulasi pengamanan TPS Pemilu

Divisi Pencalonan dan Kampanye KPUD Tuban, Wasis Susilo saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jum’at (28/2/2014) memastikan hingga saat ini belum ada anggaran honor Linmas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kita masih belum mendapatkan kejelasan dari KPU Pusat, namun sudah kita usulkan kepada KPU. Kita sangat menyayangkan, Pemilu kepala daerah saja ada Linmas-nya, kenapa sekarang yang sifatnya nasional tidak ada anggarannya,” keluh Wasis.

Jika sampai pelaksanaan Pemilu 9 April 2014, KPU Pusat tidak menganggarkan honor Linmas, maka tugas pengamanan 2 orang akan dirangkap oleh anggota KPPS. “Kita tetap berharap semoga KPU Pusat mengerti dengan kondisi yang ada dibawah. Sebab KPPS adalah ujung tombak dari KPU. Sukses tidaknya Pemilu itu tergantung dari KPPS,” katanya.

Terpisah, Kabag Humas dan Media Setda Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi saat diwawancarai mengatakan, sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) nomor 11 tahun 2006, honor untuk Linmas yang ada di TPS dalam pelaksanaan pemilu diambilkan dari APBN. Sedangkan diluar TPS tanggungjawab APBD. “Kita tidak berani menganggarkan, sebab akan bertentangan dengan Keputusan Mendagri. Kalau untuk seragamnya sudah kita siapkan, namun bila tidak ada honornya gimana,” jelasnya. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Videos