Published On: Rab, Apr 8th, 2015

Siap Dedikasikan Masa Remajanya Untuk Pramuka

TUBAN

SIAP: Desi di tengah siswa SDN Sendangharjo 4 saat memberikan materi kepramukaan.

SIAP: Desi di tengah siswa SDN Sendangharjo 4 saat memberikan materi kepramukaan. foto: WANTI TRI APRILIANA

seputartuban.com-Di zaman ini kebanyakan para remaja lebih memilih untuk mengahabiskan masa mudanya dengan berpetualang bersama teman sepantarannya.

Dan bahkan cenderung enggan peduli dengan orang lain, yang tidak masuk komunitasnya.

Namun begitu masih ada saja segelintir di antara sedikit yang masih peduli dengan lingkungannya. Desi Wulansari namanya.

Mahasiswa Unirow Tuban angkatan tahun 2014 ini, tampaknya lebih menikmati menjadi pendamping pramuka bagi siswa SDN Sendangharjo 4 dan Kutorejo 3,

Realita masih minimnya pengetahuan tentang kepanduan, membuat gadis 19 tahun ini rela menyita waktunya melakukan pendampingan sejak masih menjadi siswi SMA Negeri 2 Tuban.

“Saya merasa masa muda ini lebih berharga menjadi pendamping dan menularkan ilmu kepramukaan kepada adik-adik siaga, ketimbang berpetualang dengan teman sepantaran,” kata Desi saat ditemui di sela mengajar pramuka di SDN Sendangharjo 4 Tuban, Rabu (08/04/2015) sore.

Gadis manis yang memutuskan menutupi rambutnya dengan kerudung saat memasuki bangku SMA tersebut, mengaku sebenarnya belum piawai mengajar pramuka.

Tapi berkat kerja kerasnya belajar dari para seniornya dan kesabarannya menghadapi anak-anak SD yang dirasa masih manja ini, Desi berhasil “menaklukkan” para siswa semaikn aktif dalam kepanduan0.

“Kan dulu banyak sekali yang jarang masuk pramuka. Mungkin malas. Tapi setelah saya kreasikan kegiatan baru dan lebih menarik mereka mulai tumbuh minatnya terhdap pramuka,” tutur Desi mengisahkan suka duka bergulat dengan anak-anak pramuka kelas siaga.

Menurut dia, salah satu ilmu pramuka yang diinovasikan dengan lingkungan alam nyata adalah lomba memasak dengan menggunakan kayu sebagai sumber apinya.

“Sehingga kemudian kesan yang muncul di pikiran anak-anak pramuka terkesan tidak monoton,”ujar aktivis OSIS serta duta lomba tarik suara semasa di SMA dulu.

Disinggung mengenai imbalan yang diberikan sekolah kepada pendamping pramuka seperti dia, Desi yang berzodiak Virgo ini menegaskan,”Saya mendedikasikan masa remaja saya untuk berlatih dan menularkan ilmu pramuka yang saya punya. Soal imbalan nomor sekian.” WANTI TRI APRILIANA

Facebook Comments

About the Author