Published On: Sel, Feb 19th, 2013

Siaga III Banjir Bengawan Solo, 3.598 Rumah Terendam

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

BPBD saat menyalurkan bantuan kepada korban banjir

BPBD saat menyalurkan bantuan kepada korban banjir

seputartuban.com – Akibat diguyur hujan dan meluapnya sungai bengawan solo, sebanyak 3.598 rumah warga di 4 kecamatan di Kabupaten Tuban terendam banjir. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terbanyak rumah terendam diwilayah Kecamatan Rengel, yakni sebanyak 2.200 rumah.

Sedangkan di Kecamatan Soko sebanyak 878 rumah. di Kecamatan Plumpang sebanyak 500 rumah dan Kecamatan Widang sebanyak 20 rumah.

Genangan banjir ini disebabkan karena meluapnya air sungai bengawan solo. Selain itu, juga disebabkan karena meningkatnya curah hujan di hilir sungai. Sehingga menambah debit air terus naik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Tuban, Joko Ludiono, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Senin (18/2/2013) mengatakan bahwa, banjir ini merupakan yang kedua kalinya dalam awal tahun ini.

Akibat banjir ini, sebagian warga sudah banyak yang mengungsi. Dan BPBD sudah menyalurkan paket bantuan. Dan masing-masing berisi 5 Kg beras, 1 Kg minyak goreng, 1 slimut dan mie instan. Dan bantuan ini diberikan kepada setiap rumah yang terendam banjir.

“Sekarang sudah siaga 3. Diharapkan warga yang mengungsi tetap membawa barang berharga. Dan rumah supaya diamankan. Bantuan ini dari semen gresik dan perusahaan lainnya, sampai malam ini tetap kami salurkan,” jelasnya.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author