Published On: Sel, Nov 21st, 2017

Siaga Banjir, Danramil dan Kapolsek Rengel Sambang Desa

seputartuban.com, RENGEL – Memiliki 16 desa wilayah rawan banjir luapan sungai bengawan solo, Danramil dan Kapolsek Rengel baru-baru ini melakukan blusukan untuk mengetahui kondisi desa. Hal itu dilakukan mengingat belasan desa tersebut berada di bantaran sungai Bengawan Solo sehingga rawan terjadi luapan banjir.

BLUSUKAN : Pgs Danramil Rengel, Kapten Inf. Istoha dan Kapolse Rengel blusukan ke desa melihat kondisi kerawanan banjir luapan sungai bengawan solo

Pgs Danramil Rengel, Kapten Inf. Istoha bersama Kapolsek Rengel, AKP Yani Susilo kompak melakukan blusukan ke desa yang berpotensi menjadi wilayah terdampak jika terjadi banjir luapan sungai bengawan solo. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal jika terjadi bencana. Sehingga komunikasi efektif dapat dilakukan.

“Kita harus turun ke desa agar bisa memetakan daerah mana saja bila terjadi banjir dan jalur mana saja yang dapat digunakan untuk evakuasi. Serta tempat mana saja yang dapat digunakan untuk pengungsian,”  tegas Kapten Inf Istoha.

Pgs Danramil Rengel yang juga Danramil Plumpang itu menambahkan dengan mengunjungi desa, maka akan terjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Sehingga tidak hanya mengandalkan laporan dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) atau Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas).

Wilayah Kecamatan Rengel yang berdekatan dengan bantaran Sungai Bengawan Solo renta akan banjir. Mengingat bila air sungai mengalami kenaikan,air akan ikut naik sampai daratan. Persawahan dan pemukiman warga akan terendam.Hal ini dikarenakan tanggul penahan air sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah Kecamatan Rengel sebagian belum ada.

“Untuk itu diperlukan sinergitas antara instansi yang terkait terutama TNI dan Polri yang ada di wilayah Kecamatan Rengel. Dalam penanggulangan bencana alam terutama bencana banjir bila hal itu terjadi. Sehingga siapa berbuat apa akan terlaksana dengan baik,” harapnya. NAL

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>