Published On: Sel, Agu 14th, 2012

Sewa Eskavator Dengan Cek Kosong, Dilaporkan ke Polisi

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Seorang kontraktor bernama Mohammad Ridhwan (49) warga Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban dilaporkan ke Mapolres Tuban, karena telah menipu dengan modus Cek kosong.

Penipuan berkedok pembayaran menggunakan cek kosong senilai Rp. 80.000.000 terhadap pemilik rental alat berat bernama Moh. Maksum, warga Desa Gedong Ombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini terjadi pada sabtu (23/07/2012) lalu.

Kejadian bermula saat pelaku hendak menyewa 2 unit alat berat jenis eskavator, untuk mengerjakan proyeknya di daerah Jawa Tengah. Kesepakatan sesama rekan kerja terjadi dengan pembayaran sebesar yang dimaksud.

Pelaku kemudian berniat membayarnya dengan menggunakan cek dari bank UOB Buana sebesar Rp. 80.000.000. Namun ketika hendak dicairkan, ternyata cek tersebut tidak bisa diuangkan alias kosong. Kejadian itu membuat pengusaha jasa penyewaan alat berat tersebut geram dan menghubungi rekannya itu. Namun usahanya tidak membuahkan hasil, setelah 1 eskavator terlebih dahulu dipinjamkannya.

Tidak adanya iktikad baik oleh pelaku, akhirnya dua bulan berselang, pada senin (13/08/2012) korban melaporkan penipuan yang dialaminya tersebut ke Mapolres Tuban. Dengan membawa bukti perjanjian serta cek kosong yang diterimanya.

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Noersento saat dikonfirmasi seputartuban.com, Selasa (14/08/2012) menjelaskan bahwa penipuan berkedok pembayaran cek kosong tersebut merupakan modus lama, namun karena kurangnya ketelitian, akhirnya pihak korban yang dirugikan. “Kasus ini masih ditangani reskrim,” katanya.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos