Published On: Sel, Okt 18th, 2016

Sesaji Bulan Suro Gegerkan Warga

SEMANDING

seputartuban.com – Warga Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (17/10/2016) sekitar pukul 05.30 WIB digegerkan penemuan 2 bungkusan mori (kain putih) yang berada dipinggir jalan.

MENGEGERKAN : Bungusan mori yang menghebohkan warga ternyata sesaji yang ditinggal dipinggir jalan

MENGEGERKAN : Bungusan mori yang menghebohkan warga ternyata sesaji yang ditinggal dipinggir jalan

Tas misterius tersebut berada di tidak jauh dari jalan raya kawasan Rt 01 / Rw 08.Kejadian itu makin ramai, setelah warga berkumpul untuk melihat apa yang terjadi dalam kerumunan masa. Mereka penasaran apa yang berada dalam tas pocongan tersebut, karena dikira mayat bayi.

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati mengatakan bahwa  usai menerima laporan tersebut pihaknya segara mendatangi lokasi kejadian untuk memeriksa.

“Kami mendapat laporan via telepon dari Kepala Desa, bahwa telah ditemukan dua tas yang berisi benda mencurigakan. Masing-masing berbentuk pocongan,” terangnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan anggota tim Identifikasi Polres Tuban, dengan melibatkan petugas kesehatan dari puskesmas setempat, serta perangkat desa dan disaksikan seluruh warga. Ternyata masing masing pocongan tersebut berisi potongan bagian tubuh ayam dan jeroanya.

Yakni meliputi Kepala ayam hitam yang dibungkus kapas, seluruh organ dalam hewan, potongan bagian kedua kaki, serta racikan bunga komposisi Kembang Setaman lengkap dengan minyak wewangian dan dibungkus di dalam mori berlapis tujuh. Seluruh barang tersebut berada didalam tas punggung berwarna merah dengan pola garis garis hitam.

Diduga, benda yang ditemukan di dekat lapangan desa wiilayah setempat tersebut merupakan sesaji sebagai salah satu ritual dalam mempraktekkan ilmu atau kanuragan yang dilakukan pada malam 15 muharram atau bulan suro.

“Tidak ditemukan unsur pidana, di duga itu merupakan salah satu ritual dibulan suro bagi beberapa warga yang meyakini dan sedang mengamalkan Ilmu,” pungkas Elis.

Diketahui, kabar temuan mencurigakan tersebut menghebohkan warga setempat, bahkan beberapa pengguna jalan berhenti dan menepikan kendaraanya hingga jalan raya sempat tersendat hingga 30 menit. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author