Published On: Rab, Jan 23rd, 2019

Serius Garap Potensi Wisata, Wabup Tuban Blusukan Gua Putri Asih

seputartuban.com, MONTONG – Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Selasa (22/1/2019) mengunjungi Gua Putri Asih yang berada di Hutan Jati, kawasan Perhutani RPH Nguluhan, BKPH Mulyoagung, KPH Parengan. Didampingi sejumlah kepala OPD Wabup berbincang dengan pengelola dan mengunjungi dalam gua.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein (tengah) didampingi pengurus Gua Putri Asih

Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Tuban dalam menyusun road map wisata Tuban. Mulai dari perencanaan pengembangan maupun pemasaran. Sehingga Pemkab Tuban dapat memiliki acuan mendasar dalam memutuskan kebijakan keparwisiataan.

“Kita akan menyusun road map wisata Tuban, setelah dilakukan identifikasi potensi dan pengembangannya. Kita tangani skala prioritas karena anggaran kita juga terbatas,” kata Wabup.

Keberadaan Gua Putri Asih juga menjadi salah satu potensi wisata di Kabupaten Tuban. Apalagi sekarang berdekatan dengan Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah yang mulai banya didatangi wisatawan. “Nanti icon-nya tetap disini baru ke Guwoterus bagus itu, disini juga bias dipakai untuk pemasaran produk,” imbuhnya.

Wabup meminta agar pengelola Gua Putri Asih selalu berkomunikasi dengan jajarannya, agar diketahui kebutuhan apa yang dapat dibantu Pemkab Tuban. “Koordinasi agar dilakukan identifikasi apa saja yang bisa dikembangkan,” jelasnya.

Ketua Koperasi Wono Asih, Cipnal Muchlip M yang mendampingi kunjungan bersama pengurusnya mengatakan perhatian pemerintah dalam pengembangan wisata sangat diperlukan. Selain dalam upaya mendorong potensi yang ada juga integrasi potensi wisata. Sehingga tercipta kawasan wisata yang menjadi daya tarik masyarakat luar Tuban.  

“Orang ke Tuban kalau banyak pilihan lokasi wisatanya dan aksesnya mudah akan meningkatkan jumlah kunjungan. Pada intinya tiap tempat wisata itu pathner bukan pesaing, ini juga butuh peran pemerintah,” ungkapnya.

Lebih dari itu, dalam jangka panjang pengelolaan pariwisata adalah salah satu sektor yang menjanjikan dalam pengembangan daerah. Selain potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga pemberdayaan ekonomi masyarakat juga sangat baik dampaknya.  ”Semoga ini pertanda sangat baik dalam keseriusan Pemkab Tuban untuk melihat potensi pengelolaan dan pengembangan wisata sebagai salah satu solusi masa depan yang sesegera mungkin diperhatikan serius, ” harapnya. Hadir pula dalam kunjungan ini, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala DInas Informasi dan Komuniskasi juga Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Tuban. Serta staf Dinas Perhubungan, DInas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya. Juga hadir dan mendampingi rombongan adalah Forkopimka Kecamatan Montong dan jajaran Perhutani KPH Parengan.  RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author



Videos