Published On: Jum, Jun 3rd, 2016

Sepekan Lagi Ditetapkan Tersangka Korupsi Jabung Ring Dyke

TUBAN

seputartuban.com –  Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban, dalam pekan depan akan menetapkan 2 orang tersangka kasus dugaan korupsi Jabung Ring Dyke. Hal itu diungkapkan Kasi Intel Kejari Tuban, I Made Wendra, Kamis (2/6/2016) pagi.

ilustrasi korupsi

ilustrasi korupsi

Data yang dimiliki dan beberapa alat bukti serta berbagai gelar perkara yang sudah dilakukan, saat ini sudah menjelang final. Namun Made belum dapat menyebutkan nama tersangka. Agar yang bersangkutan tidak melarikan diri dan menghilangkan berbagai barang bukti lain. “Tinggal beberapa data lagi, kita masih melakukan rangkain gelar perkaranya. Kemungkinan minggu depan datanya sudah final,” katanya.

Saat ini, masih dilakukan evaluasi hasil gelar perkara yang sudah dilaksanakan. Diantaranya masih dilakukan penyelidikan apakah terdapat tersangka lain dalam kasus tersebut. Beberapa berkas penting ditemukan selama 5 bulan pemeriksaan, ditaksir kerugian negara akibat perbuatan dugaan korupsi itu mencapai Rp. 800 juta. Jumlah itu dimungkinkan masih dapat bertambah jika sudah dilakukan penetapan tersangka dan pengauditan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Berdasarkan bukti berbagai surat-surat serta dokumen.

“Masa penyelidikan sudah selesai dengan proses pelaksanaanya menghabiskan waktu kurang lebih selama 7 bulan. Sedangkan proses hukum saat ini sudah memasuki tahapan penyidikan  bulan ke- 5,” jelasnya.

Diketahui, persoalan pembebasan lahan yang disiapkan untuk pembangunan Waduk Jabung Ring Dyke tersebut terjadi di Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Hingga saat ini penyelesaian terkait ganti garap atas lahan yang sebelumnya digunakan petani tersebut belum tuntas. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author