Published On: Kam, Jan 7th, 2016

Sengkarut Pengelolaan LPJU Tuban

Share This
Tags

TUBAN

MASIH MATI : LPJU di kawasan Kerawak sudah selesai dikerjakan namun belum menyala

MASIH MATI : LPJU di kawasan Kerawak sudah selesai dikerjakan namun belum menyala

seputartuban.com – Proyek Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), di jalan Montong-Singgahan, kawasan Kerawak sudah selesai dikerjakan. Namun hingga berganti tahun anggaran puluhan PJU tersebut masih belum menyala.

Proyek yang berada di kawasan Desa Guwoterus, Kecamatan Singgahan dan Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan itu masih belum berfungsi. Hingga akhir tahun anggaran, proyek tersebut masih belum dapat berfungsi.

Jalan Temandang-Kerek sepanjang 3 KM sangat dibutuhkan LPJU dengan perkiraan 60 titik dengan anggaran Rp. 780 juta. Pihak pemerintah kecamatan sudah mengajukan ke Pemkab Tuban 2 kali. Namun hingga saat ini belum mendapat tanggapan.

Padahal kawasan tersebut sudah sangat dibutuhkan penerangan jalan. Sesuai dengan usulan dan keluhan masyarakat beberapa tahun terakhir. “Tiap kali rapat selalu kita sampaikan, tetapi kita tahu apa alasan Pemkab kenapa tidak di realisasikan, jalur tersebut sangat penting dan rawan,” keluh Camat Kerek, Rohman Ubaid.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tuban, Choliq Qunnasich menanggapan LPJU Kerawak mengatakan, proyek itu sudah selesai dikerjakan oleh rekanan. Sebanyak 35 titik dengan anggaran sebesar Rp. 400 juta yang bersumber dari APBD 2015. “Saat ini sudah dalam proses pengajuan di PLN, kita menunggu proses dari PLN,” kata Choliq, Selasa (5/1/2015) siang.

Meski belum berfungsi, proyek tersebut sudah dianggap selesai 100 persen. Sehingga rekanan tidak dikenakan denda keterlambatan. Choliq juga menjelaskan sebenarnya sudah diajukan penyambungan listrik ke PLN. Berkas permohonan sudah disampaikan, namun belum mendapat tanggapan.

Sedangkan terkait LPJU Temandang-Kerek, Choliq memastikan belum masuk dalam APBD 2016. Karena akan diajukan ke PT Semen Indonesia untuk dibiayai dengan menggunakan dana sosial perusahaan. “Jalan itu kan berada disekitar pabrik, nanti akan kita ajukan ke perusahaan sebagai bentuk partisipasi terhadap pemerintah daerah,” kata Choliq.

Sementara itu, Bagian Teknis PLN Tuban, Ali Usman membantah pihaknya telah menerima berkas pengajuan pemasangan jaringan baru LPJU Kerawak. Pasalnya bila ada pengajuan, biasanya pada bulan Maret. Sehingga bisa segera langsung di proses. “Kita masih belum menerima pengajuan pemasangan jaringan LPJU di daerah tersebut,” ungkap Ali. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Janoko berkata:

    LPJU Kerawak masuk dalam area kerja PT. PLN (Persero) Rayon Jatirogo, maka dari itu PLN Tuban tidak menerima berkas pengajuan untuk LPJU tersebut diatas.