Published On: Sen, Agu 26th, 2013

Semua Pasangan Calon Pilgub Jatim Melanggar

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Semua pasangan calon peserta Pemilukada Jawa Timur, yang akan dilaksanakan 29 Agustus 2013, menurut Panita Pengawas Pemilu Kabupaten Tuban, ke-4 calon telah melanggar aturan kampanye. Mulai dari undang-undang, peraturan lainya, Peraturan Daerah (Perda) hingga Peraturan Bupati (Perbup).

Edy ToyibiDivisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Panwaskab Tuban, Edy Thoyibi saat dikonfirmasi dikantornya, Minggu (25/8/2013) mengatakan pelanggaran ini soal pemasangan sosialisasi ataupun alat peraga kampanye lainya. “seperti dipasang dipohon, ditiang telepon, penunjuk arah pendidikan, didepan Masjid dan didepan tempat pendidikan,” jelasnya.

Hal ini disebabkan karena lemahnya pengawasan dari masih-masing tim pemenangan pasangan calon. Sehingga saat personil lapangan melakukan pemasangan sosialisasi tidak mendapatkan arahan yang benar. “Kebanyakan yang memasang bukan Tim dari calon, tetapi diborongkan atau menyuruh orang yang tidak tau tata cara pemasangan,” jelasnya.

Ditegaskan Edy,  2 tim pasangan calon telah mendapatkan peringatkan adalah dari pasangan Eggi Sudjana-M. Sihat  karena melakukan kampanye difasilitas pemerintah yakni di Pasar Baru Tuban. Sedangkan Bambang DH-Said Abdullah adanya keikutsertaan Kepala Desa dalam susunan tim kampanye.

“Untuk Egy-Sihat semula kita duga ada pelanggaran pidana, namun setelah kita lakukan pengkajian alat buktinya kurang kuat. Karena didalam Undang-Undang nomor 32 tahun 2004, pasal 78 huruf h, yaitu menggunakan fasilitas dan anggaran pemerintah dan pemerintah daerah, aturan tersebut bersifat komulatif. Sementara untuk kepala desa yang ikut dalam susunan tim kampanye pasangan nomor 3 sudah membuat surat pengunduran diri,” tegasnya.

Sampai saat ini Panwaskab Tuban masih belum bisa memberikan data pasti jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh masing-masing calon peserta Pemilukada Jatim 2013 ini. Karena baru besok (Senin (26/08/2013) akan dilakukan penertiban alat peraga yang belum dibersihkan oleh tim sukses masing-masing calon. (lis)

Facebook Comments

About the Author