Published On: Sen, Agu 8th, 2016

Semen Indonesia Utamakan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

KEREK

seputartuban.com – Makin banyaknya tenaga kerja (naker) asing yang menyerbu perusahaan dan industri di Kabupaten Tuban, berbeda yang dilakukan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Karena terus berupaya melakukan penyerapan tenaga lokal untuk mengoperasionalkan perusahaan dan anak usahanya.

Pabrik PT Semen Indonesia

Pabrik PT Semen Indonesia

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Corporate Social Responcibility (Kabag Humas dan CSR) PT Semen Indonesia, Wahyu Darmawan, mengatakan bahwa Semen Indonesia terus berupaya melakukan penyerapan naker lokal. Khususnya kawasan dekat perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Selain itu ditegaskan bahwa hingga saat ini Semen Indonesia tidak mempekerjakan tenaga kerja asing. “Kami tetap menggunakan SDM lokal yang sudah terlatih dan kompeten. Kalaupun ada, biasanya hanya sebagai tenaga ahli yang dikontrak, sebagai tenaga kerja yang sifatnya temporer,” katanya, jumat (4/8/2016).

Wahyu menjelaskan untuk memenuhi keinginan masyarakat agar dapat berperan aktif dalam pengerjaan perusahaan semen itu, melalui program CSR membekali masyarakat dengan berbagai macam pelatihan. Untuk meningkatkan kompetensi masyarakat yang ingin bekerja dalam proses pembangunan pabrik.

“Dalam perekrutannya kita masih dengan pola rekrutmen biasa. Tetap merekrut yang berkompetensi. Namun, jika ada putra daerah dengan nilai kompetensi yang sama (dengan calon naker luar daerah) kita tetap memilih yang putra daerah,” tegas Wahyu.

Sedangkan untuk naker yang non skill perusahaannya merekrut tenaga kerja seluruhnya dari warga lokal sekitar perusahaan. Perusahannya membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan atau skill sekitar 30 persen dan sisanya yang non skill sebanyak 70 persen.”Seperti tenaga security, office boy, itu semua warga lokal sekitar perusahaan. Menyerap tenaga lokal kami nilai sangat efektif karena mereka juga tinggal di sekitar lokasi pabrik sehingga tidak perlu direpotkan permasalahan tempat tinggal,” pungkasnya.

Diketahui, jumlah naker yang terekrut dari Tuban dari ring 1 mencapai 3.781 orang. Dengan rincian 1.090 sebagai pekerja di Semen Indonesia dan 2.691 orang merupakan pekerja di anak usaha Semen Indonesia. Naker dari lokal Tuban di luar kawasan ring 1 sebanyak 2.080 pekerja. Dari naker lokal Kabupaten Gresik ada 3.178 dan dari Kabupaten Rembang terekrut 299 orang. Sedangkan untuk pekerja luar daerah sebanyak 3.625 orang dari total 12.963 pekerja di Semen Indonesia. USUL PUJONO

Facebook Comments

About the Author