Published On: Rab, Mar 30th, 2016

Semen Indonesia Siapkan Dana UKM Binaan Hingga Rp. 66 Miliar

TUBAN

UKM Binaan PT Semen Indonesia saat mengikuti pameran

UKM Binaan PT Semen Indonesia saat mengikuti pameran

seputartuban.com – Keseriusan PT Semen Indonesia (persero) Tbk dalam membina Usaka Mikro Kecil Menengah (UMKM) tidak dapat diragukan lagi. Dana puluhan miliar rupiah digelontorkan untuk pinjaman lunak maupun bantuan usaha. Diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar perusahaan.

Kabag Humas dan CSR PT Semen Indonesia (persero) Tbk., Wahyu Darmawan menjelaskan program itu diharapkan berdampak besar kemajuan ekonomi masyarakat.  “Dimana kita melatih dan membina masyarakat agar mampu mandiri dengan menjadi pelaku usaha. Selain itu juga bisa membuka lapangan kerja baru yang seluas-luasnya,” katanya, Selasa (29/3/2016).

Kabag Humas dan CSR Semen Indonesia

Kabag Humas dan CSR Semen Indonesia

Tahun 2016, Semen Indonesia mengucurkan dana sebesar Rp. 6,5 miliar bantuan UMKM.  Yang bersumber dari  anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) atau dana sosial perusahaan. Akan disalurkan ke-26 desa tersebar di Kecamatan Kecamatan Kerek, Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Jenu.

UMKM merupakan salah satu pilar penting perekonomian yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Aktivitas ekonomi UMKM sering kali menjadi sabuk pengaman bagi perekonomian daerah. Untuk pengurangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan. “Jika UMKM tersebut kinerjanya baik hingga tiap tahunnya mampu menambah minimal satu orang tenaga kerja, maka dalam satu tahun bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi 7.000 orang lebih,” jelasnya.

Untuk menggiatkan perkembangan UMKM, PT Si juga melakukan pembinaan, pelatihan, hingga membantu akses pemasaran melalui ajang pameran usaha atau pameran dagang. Selain itu, juga menyediakan dana pinjaman lunak untuk menambah modal usaha tanpa terbebani bunga tinggi. Tahun 2015, PT Semen Indonesai telah mengalokasikan dana Rp. 50 miliar. Sedangkan tahun 2016, naik menjadi Rp. 60 miliar. Tiap pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman maksimal Rp. 75 Juta.

UKM Binaan PT Semen Indonesia saat mengikuti pameran

UKM Binaan PT Semen Indonesia saat mengikuti pameran

“Kucuran dana pinjaman ini bertujuan untuk membantu mereka pada akses permodalan. Juga pengembangan sumber daya manusia, dan kami menargetkan minimal 70 persen dana tersebut bisa tersalurkan,” harap Wahyu.

Hasil bunga pinjaman akan kembali untuk pelaku UMKM binaan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. “Kenapa disebut pinjaman dana lunak, karena bunganya rendah. Bunga pinjaman yang terkumpulkan nantinya juga akan dikembalikan kepada UMKM, dalam bentuk pelatihan pelatihan,” lanjutnya.

Wahyu menambahkan, yang menjadi kendala bagi pengembangan UMKM mitra binaan program CSR perusahaannya adalah pemasaran. Saat ini media promosi mereka masih mengandalkan promosi mulut ke mulut. Sehingga pihaknya terus mendorong dan membantu akses pemasaran melalui promosi di ajang pameran.

“Semen Indonesia menyadari bahwa hambatan yang terbesar dari para mitra binaan saat ini adalah dibidang pemasaran. Terutama produk – produk baru dari mitra binaan. Sehingga kita membantu mereka dalam mengakses pemasaran melalui promosi pameran, diharapkan produk-produk UMKM mitra binaan bisa dikenal masyarakat luas,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author