Published On: Jum, Jun 28th, 2013

Semen Indonesia Datangkan 2 Alat Tambang Baru

Share This
Tags

KEREK

seputartuban.com – PT. Semen Indonesia mendatangkan peralatan pertambangan baru. Berupa 1 unit Wirtgen dan Vermer. Alat tersebut digunakan sebagai penunjang dalam proses penambangan batu kapur tanpa menimbulkan kebisingan. Kedua ini pertama kalinya akan diuji coba pada hari ini, Kamis (27/06/2013), di lokasi tambang, Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Semen Indonesia

BERUPAYA : Inilah salah satu alat tambang baru PT Semen Indonesia

Kepala Produksi PT. Semen Indonesia, Suparni, saat dikonfirmasi mengatakan, penggunaan alat sebagai pengganti metode blasting atau meledakkan wilayah tambang. Menurutnya, cara peledakan tersebut tidak mungkin dilakukan pada lahan tambang yang lokasinya dekat dari permukiman penduduk. Atau sekitar 500 sampai 700 meter. Bahan baku kapur yang dekat lahan warga itulah yang akan diambil dengan alat Wirtgen dan Vermer.

Selain mengurangi bising, kedua alat yang didatangkan kerjasama PT. Semen Indonesia dan PT. United Tractor Semen Gresik (UTSG) juga dapat menekan polusi suara. Untuk emisi debu, pihaknya sudah menggunakan pengolahan debu dari cerobong.

Alat baru tersebut bisa mengeruk tambang 300 ton material per-jam. Atau maksimal 100.000 ton per- bulan. Menurutnya, untuk tambang di bagian tengah tetap menggunakan metode blasting.

“Memang alat ini ¬†belum banyak digunakan sebagai alat tambang Surface Miner. Penambangan memang menjadi kegiatan utama kami, kelangsungan usaha, kesejahteraan orang dan aspek lingkungan, ” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author