Published On: Sab, Mar 4th, 2017

Semangat SP TPPI Pertahankan Ketahanan Energi Bangsa

seputartuban.com, JENU – Upaya mempertahankan ketahanan energi nasional, karyawan PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama (PT TPPI) berorganisasi melalui serikat pekerja. Rabu (1/3/2017) pengurus SP TPPI dilantik untuk kepengurusan periode 2017 sampai dengan 2019. Di kawasan kilang Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

PENGURUS BARU : Prosesi pelantikan pengurus Serikat Pekerja PT TPPI

Presiden SP PT TPPI, Sudarmanto mengatakan para karyawan bersatu melalui serikat pekerja sebagai upaya memajukan bangsa. Yakni dengan menambah berbagai bidang ketahanan nasional. Mulai ketahanan pangan, ketahanan militer hingga ketahanan energi.
Kilang TPPI, adalah satu-satunya kilang di Indonesia yang mampu mengolah kondensat didalam negeri. Jika tidak memiliki kilang pengolah kondesat yang dapat diproses menjadi BBM, maka akan diekspor keluar negeri dengan harga murah. Sedangkan Indonesia membeli BBM dari luar negeri hasil olahan kondensat itu dengan harga lebih mahal. “Muter-muter terus banyak biaya yang hilang. Jangan heran jika harga BBM menjadi mahal, karena banyak biaya disini,” katanya, Kamis (2/3/2017).

Para karyawan berserikat sebagai upaya agar TPPI tetap beroperasi. Sehingga negara dapat mengolah kondensat didalam negeri dan menghasilkan BBM yang bisa dijual langsung. Tanpa harus ekspor dan impor terlebih dahulu. “Dengan menjaga TPPI tetap beroperasi, maka masih ada harapan bahwa BBM akan semakin murah, mengingat cost sudah bisa kita pangkas sejak dini,” imbuh Presiden SP PT TPPI itu.

Serikat pekerja berjuang agar kilang TPPI tetep bisa beroperasi dengan baik, lancar, dan aman, bermanfaat bagi semua pihak. Termasuk karyawan, masyarakat, juga bangsa dan negara.  “SP – TPPI memperjuangkan saham 26% yang dimiliki kementerian keuangan agar dilepas ke Pertamina baik dengan cara harus dilakukan transaksi pembelian. Ataupun  dialihkan ke Pertamina melalui penyertaan modal negara,” harapnya. 

Upaya yang didorong serikat pekerja itu agar operasional kilang lebih baik. Serta semakin memberikan manfaat lebih banyak kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Diketahui, hadir dalam pelantikan SP TPPI, OPD Pemkab Tuban bidang ketenagakerjaan, Kapolres Tuban. Serta sejumlah serikat pekerja perusahaan di Tuban dan pengurus Serikat Pekerja Nasional (SPN). Sedangkan Sudarmanto memimpin SP TPPI setelah mendapatkan 80 persen suara pekerja dalam pemilihan. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author