Published On: Rab, Agu 13th, 2014

Semangat Rebutan Tummpeng Buchu Klenteng

TUBAN

SEDEKAH BUMI: Sejumlah warga tengah berebut buchu dalam ritual Chi Wi Kwa di Klenteng Tjo  Ling Kiong Tuban, Rabu (13/08/2014) siang.

SEDEKAH BUMI: Sejumlah warga tengah berebut buchu dalam ritual Chi Wi Kwa di Klenteng Tjo
Ling Kiong Tuban, Rabu (13/08/2014) siang.

seputartuban.com–Ada pemandangan beda di Klenteng Tjo Ling Kiong Tuban, Rabu (13/08/2014)  siang. Jika biasanya klnteng tua di depan Alun-Alun Kota Tuban ini tampak sangar dan sunyi mendadak hingar bingar. Seperti sebuah pesta.

Ya, hari ini memang bukan hari biasa bagi Klenteng Tjo Ling Kiong, karena tengah menggelar ritual tahunan yang populer dengan tumpengan buchu. Ritual tahunan yang dalam

bahasa Tionghoa disebut Chi Wi Kwa atau sedekah bumi ini, merupakan implementasi rasa syukur dan juga mendoakan arwah para leluhur.

Ratusan warga yang sudah menunggu berjam-jam langsung berhamburan masuk kedalam klenteng bedug ditabuh dengan keras. Tujuannya untuk memperoleh buchu yang berisi nasi, lauk dan kue.

Sejumlah warga yang turut berebut buchu klenteng, mengungkapkan hal itu rela dilakukan semata berharap berkah serta keselamatan. Mereka meyakini, buchu berisi nasi, mie instan,  kopi, garam, dan kue tersebut jika kemudian dimakan bersama keluarga akan mendatangkan
berkah tersendiri.

“Setiap ada ritual seperti ini saya selalu datang dan ikut berebut buchu. Nanti akan saya makan bersama keluarga agar mendapatkan kesalamatan,” tutur sejumlah warga usai berebut buchu.

Sementara Ketua Klenteng Tjoe Ling Kiong, Gunawan Putra Wirawan, menjelaskan  ritual Chi Wi Kwa atau sedekah bumi bertujuan mendoakan arwah para leluhur umat Tionghoa dan digelar setiap satu tahun sekali.

“Ini ritual sedekah bumi untuk mendoakan arwah para leluhur agar tenang di alamnya. Baik itu leluhur para umat Tionghoa yang satu ajaran maupun keluarga mereka yang sudah berpindah ajaran. Serta arwah para leluhur yang sudah tidak punya keluarga lagi,” terang Gunawan. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author