Published On: Sel, Jan 10th, 2017

Semangat Baru Pejabat Humas Pemkab Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Untuk membangun komunikasi yang baik dengan para wartawan, Bagian Humas dan Protokol Setda Tuban dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tuban, Senin (9/1/2017) pagi, mengadakan jumpa pers dengan di Aula Rest Area Kabupaten Tuban.

SEMANGAT BARU : Kabag Humas dan Protokol, Agus Wijaya (kanan) dan Kepala Dinas Infokom, Hery Prasetyo saat jumpa pers, Senin (9/1/2017) di Rest Area Tuban

Kabag Humas dan Protokol Setda Kab. Tuban, Agus Wijaya, mengatakan kepada pers akan menyampaikan laporan progres kinerja pemerintah kabupaten (Pemkab) Tuban tiap tiga bulan sekali. Menurutnya hal itu merupakan wujud nyata peningkatan kemitraan dengan pers dan media massa. “Wujud kemitraan kita dengan adanya keterbukaan informasi, diantaranya menyampaikan progress report tiga bulan sekali,” katanya.

Bagian Humas dan Protokol yang merupakan sebagai juru bicara Pemkab Tuban juga berjanji akan terus mengupayakan pelaksanaan pengembangan akses informasi publik. Khususnya akan lebih mempermudah akses pers dalam menggali informasi.

Di singgung terkait, seringnya ada data yang berbeda dan kurang singkron dari tiap instansi, mantan Camat Montong itu menyampaikan akan mengintegrasikan data antar SKPD.  “Kami lebih berharap pihak pers untuk lebih dekat lagi dengan kami terkait penggalian data, sehingga lebih mudah lagi menintegrasikan data antar sumber atau antar SKPD,”  harap Agus.

Selain itu kedepan, pihaknya juga akan lebih meningkatkan lagi peran media center. Melalui media center tersebut, dokumentasi dan pengolahan data informasi yang ada di Pemkab Tuban akan disampaikan ke publik guna mewujudkan keterbukaan informasi dan jembatan antara pemkab dengan masyarakat atau publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi, Hery Prasetyo, mengatakan, adanya SKPD baru yang dia pimpin itu memiliki beberapa tugas pokok dan fungsi. Diantaranya, sebagai wadah komunikasi dan informasi untuk publik, komunikasi sosial, pemberdayaan dan pengembangan teknologi informasi, termasuk juga integrasi data dan keamanan informasi.

“Kami pikir insan pers cukup cerdas dalam memilah dan memilih mana informasi yang layak dan mana informasi yang tak perlu disampaikan ke Publik. Jadi selain kami juga berperan untuk memberi data informasi ke pers, kami juga punya tugas untuk menjaga keamanan sebuah informasi,” ujar pejabat yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tuban itu.

Hery menambahkan instansinya dan humas dan protokol setda Tuban akan lebih terbuka dalam penyampaian informasi ke publik atau masyarakat melalui Pers. Dia menjelaskan bahwa instansinya akan lebih menguatkan penjaringan dan pengumpulan data informasi, dan melalui bagian humas dan protokol setda Tuban. Dia juga berjanji semua data informasi akan mudah diakses oleh kalangan pers. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author