Published On: Sel, Jan 17th, 2017

Semangat Baru Disparbudpora Rubah Wajah Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Salah satu SKPD baru di Pemkab Tuban adalah Dinas Pariwisata Kebudayaan, Olahraga, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora). Sejumlah hal akan dilakukan untuk memberikan “wajah baru” bagi Kabupaten Tuban.

Kepala Disparbudpora Pemkab Tuban, Sulistiyadi

Kepala Disparbudpora Pemkab Tuban, Sulitiyadi mengatakan untuk menjalan tugasnya akan menjalankan sejumlah progam. Bidang pariwisata akan melakukan pengembangan destinasi wisata.

Kegiatanya dengan melakukan pembangunan destinasi wisata yang diarahkan untuk pembangunan fasilitas pendukung wisata di pantai boom. Juga pembangunan sarana prasarana (sarpras) pendukung obyek wisata yang dikelola oleh desa atau masyarakat. Untuk meningkatkan daya tarik kunjungan wisata.

Kemudian melakukan rehabilitasi destinasi wisata diarahkan untuk rehab dan revitalisasi obyek wisata Pemandian Bektiharjo. Dengan konsep pembangunan wisata berbasis ekowisata dan wisata sejarah serta pusat latihan olah raga renang. “Memberdayakan dan memfasilitasi potensi obyek wisata yang dikelola swasta baik wisata budaya, religius maupun wisata edukatif,” katanya.

Promosi wisata diarahkan untuk pembuatan media promosi baik cetak elektronik maupun baliho yang diluar daerah. Kedepan akan dikembangkan media promosi wisata berbasis internet (e tourism). Yang mengintegrasikan dan menginformasikan berbagai potensi kepariwisataan daerah baik sistem pelaporan maupun publikasi.

Sistem itu nantinya akan tersambung ke semua destinasi wisata Pemkab, Pemdes, pelaku usaha jasa dan industri pariwisata. Sampai dengan sentra kerajinan, sentra kuliner, biro perjalanan wisata, hotel, rumah makan dan lainya. “Bila dimungkinkan akan dikembangkan aplikasi info wisata berbasis android,” tegasnya.

Sedangkan bidang kepemuda akan diarahkan untuk wawasan kebangsaan dalam kemandirian yg religi.  Untuk 4 bulan kedepan akan diprioritaskan pembenahan internal SDM. “Karena OPD baru termasuk persiapan awal pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan tertuang dalam APBD 2017 Kususnya di Disparbudpora,” imbuhnya.

Bidang olahraga secara berkelanjutan sedikit demi sedikit sport center akan kita targetkan sarana dan prasarananya tembok pembatasnya segera terbangun. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author