Published On: Sen, Agu 6th, 2012

Selama Juli Stok Darah PMI 73 Kantong

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Stock darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban, selama juli sebanyak 73 kantong dari segala jenis golongan darah. Kepala unit pencari pelestari donor darah sukarela PMI Tuban, Agus Harjunadi, Minggu (04/08/2012) menuturkan, bahwa stok darah saat ini masih relatif dapat mencukupi permintaan darah dari masyarakat.

Dengan stok untuk golongan darah A sebanyak 10kantong darah, golongan darah AB sebanyak 19 kantong darah, golongan darah B sebanyak 14 katong darah sedangkan untuk golongan darah O sebanyak 30 kantong darah.

Dari para pendonor yang darahmya dihimpun PMI, tidak semua bisa digunakan untuk penerima donor darah. Alasannya karena setelah pendonor diambil darahnya, dan sebelum di salurkan, harus diperiksa dengan alat Scranning. Tujuannya untuk mengetahui apakan darah pendonor terjangkit virus dan kuman, seperti virus Hepatitis C dan B, karna bisa merusak fungsi ginjal.”Bila ada virus hepatitis bisa mengganggu ginjal, apalagi ada virus HIV atau AIDS, lebih bahaya lagi,” jelas Agus.

Kehati- hatian serta kecermatan sangat diperlukan, agar darah dalamn kantong bisa dipergunakan dengan baik. “Pengambilan darah maksimal 250 CC, dan 3 bulan sekali baru bisa diambil lagi,” tegasnya.

Foto : Aktivitas cek darah di PMI Tuban

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos