Published On: Ming, Jul 22nd, 2012

Selama 2 Bulan, Kerugian Akibat Curanmor Mencapai Rp. 329 Juta

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Kejadian pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) pada bulan Mei hingga bulan Juni 2012 sebanyak 8 kali kejadian yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban. Dari 8 kejadian tersebut, jumlah total kerugian yang dialami para korban sebesar Rp. 329.000.000.

Korban tersebar dari Kecamatan Tuban 2 korban, Kecamatan Semanding 2 korban, Kecamatan Jenu, Grabagan, Singgahan, dan Kecamatan Palang masing-masing 1 korban. Meski tak sedikit para pencuri ataupun perampok yang tertangkap Polisi, namun tak sedikit pula yang berhasil meloloskan diri dari sergapan petugas.

Menurut data yang dihimpun seputartuban.com dari perincian kejadian kriminalitas di Mapolres Tuban selama 2 bulan tersebut, 8 kejadian belum tertangkap pelakunya.

Kejadian Curanmor banyak terjadi karena kelalaian pemilik kendaraan yang memarkir kendaraanya lalu ditinggal pergi, kemudian dengan mudah para pencuri itu menggasaknya, seperti yang dialami oleh Eko Purwanto (36) warga Desa Karangagung RT : 07, RW : 02, Kecamatan Palang, Tuban.

Korban kehilangan mobil Mitsubishi L 300-nya saat kendaraan bernopol S 9679 HD itu diparkir di pinggir jalan raya, samping rumahnya, dan setelah dikunci pintu kabinnya, juragan ikan itu kemudian masuk rumah.

Berselang 30 menit kemudian, korban sudah tidak melihat mobil bak warna hitamnya yang saat itu diparkir di samping rumahnya. Mobil L 300 miliknya ternyata sudah raib digasak maling. Dari kejadian tersebut, korban mengalami kerugian hingga Rp.140.000.000.

Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Arief Kristanto, saat dikonfirmasi seputartuban.com, Minggu (21/07/2012), menjelaskan bahwa, banyaknya kejadian aksi curanmor yang terjadi bukan hanya disebabkan karena keteledoran pemilik kendaraan, namun banyak faktor yang mendukungnya.

Semakin ahlinya para pencuri dan didukung perlatan yang cukup, juga menjadi faktor pendukung didalammnya, namun yang paling utama adalah para pemilik kendaraan harus lebih waspada.

“Dimana saja kita berada, kejahatan akan bisa timbul apabila ada kesempatan, tingkat kewaspadaan harus semakin kita jaga, bila parkir mobil juga hati-hati,” himbaunya.

Facebook Comments

About the Author