Published On: Wed, Jul 11th, 2012

Selain SPM, SKPD Pelayan Publik Sebaiknya ber-ISO

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

TUBAN

seputartuban.com – Untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berpedoman pada Standart Pelayanan Minimal (SPM) yang dikeluarkan Kementrian masing-masing.

Seperti yang disosialisakan oleh Pemerintah Profinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu sebanyak 15 SPM disampaikan kepada SKPD dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

Dinas khususnya yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik ini diharapkan dapat memenuhi SPM tersbut. Misalnya bidang pendidikan dalam SPM tertuang pembatasan jumlah murid dalam satu kelas. Hal ini dimaksudkan untuk peningkatan kwalitas pendidikan melalui efektifitas proses belajar mengajar.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Kelola, Pemkab Tuban, Hari Sunarno, kepada seputartuban.com, Selasa (10/07/2012) mengatakan selain memaksimalkan pelaksanaan SPM juga mendorong Dinas atau SKPD pelayan publik agar memilik International Sertificate Organization (ISO).

“Seperti hari ini kita melakukan sosialisasi ISO diruang pertemuan lantai 3 tujuanya kita mendorong agar pelayanan kita berstandar internasional”, jelasnya.

Disoal sejauh mana dinas menanggapi hal ini, Hari Sunarno mengatakan bahwa untuk meraih ISO tergantung pimpinan SKPD-nya masing-masing,”kita hanya mendorongya saja, selebihnya tergantung komitmen pimpinan. Yang jelas dengan ISO 9001 : 2008 sebenarnya agar kita berbudaya kerja profesional,” tegasnya.

Diketahui, hingga saat ini SKPD di Kabupaten Tuban yang ber ISO baru 4 lembaga. Yakni SMKN 1, SMKN 2, SMAN 1 serta Puskesmas Tambakboyo.

About the Author