Published On: Jum, Sep 7th, 2018

Sekda Tuban ; Kedepan Perbanyak Pejabat Fungsional

seputartuban.com, TUBAN – Sebanyak 91 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilantik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana untuk menjadi pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Tuban, Rabu (05/09/2018) di Ruang Rapat Setda Kabupaten Tuban.

PEJABAT BARU : Prosesi pelantikan pejabat baru dipimpin Sekda Kab. Tuban

Pelantikan yang sesuai dengan keputusan Bupati Nomor 821.29/147,148,149,150,151,152,153,154,155,156,157/414.202/2018 tentang kenaikan Jenjang dalam Jabatan Fungsional. Kegiatan pelantikan itu juga di hadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tuban dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dalam sambutannya, Sekda Tuban menyampaikan selamat para ASN yang dilantik harus memiliki rasa syukur. Karena tidak semua pegawai memiliki kesempatan yang sama. “Harus bersyukur atas kesempatan tersebut karena tidak semua diberi kesempatan untuk memegang amanah ini,” ungkapnya.

Kedepan pemerintah akan memperbanyak jabatan fungsional dibanding struktur. Tujuannya adalah untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas kinerja pemerintah. Pejabat fungsional berkaitan dengan keahlian, kemampuan, dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pejabat fungsional akan memegang tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, harus melakukan tugasnya dengan semaksimal dan bertanggung jawab,” imbuhnya.

Sehingga jika saat ini ASN masih ada yang menjadi kelas bawah, tapi kedepan tidak demikiab. Karena kinerja mereka justru secara fungsional. Peran mereka menjadi andalan dalam memberikan pelayanan.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan, diperlukan SDM yang profesional yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Pejabat struktural juga harus mendayagunakan pejabat fungsional untuk pencapaian sasaran di OPD.

“Dengan berbagai peraturan dan kebijakan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik lagi, sebagai wujud penyelenggaraan tata pemerintahan yang bersih dan kreatif,” harapnya.

Diketahui, dalam pelantikan pejabat fungsional yang kedua ini, ASN yang diangkat berasal dari Dinas Pendidikan sebanyak 47 pejabat, Dinas Kesehatan sebanyak 7 pejabat, Dinas Perhubungan sebanyak 2 pejabat, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sebanyak 2 pejabat, Inspektorat sebanyak 4 pejabat, dan RSUD dr. R. Koesma Tuban sebanyak 29 pejabat. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author