Published On: Jum, Mar 14th, 2014

Sehari Dispendukcapil Terbitkan 80 Akta Kelahiran

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Tuban, dalam sehari, rata-rata menerbitkan 80 akta kelahiran. Karena selama Januari hingga Pebruari 2014, seanyak 4.728 akta kelahiran sudah diterbitkan.

ilustrasi akta lahir bangilkab.go.id

ilustrasi akta lahir bangilkab.go.id

Berdasarkan data yang dihimpun, selama Januari 2014 tercatat ada 2.547 akta kelahiran diterbitkan. Sedangkan untuk Februari 2014 sebanyak 2.181 akta kelahiran sudah diterbitkan.

Menurut Kepala Bidang Catatan Sipil Kependudukan (Kabid Capilduk), Dispendukcapil, Anita Cetrawati, saat dikonfirmasi, Kamis (13/03/2014) menyampaikan permohonan pembuatan akta kelahiran meningkat. Karena masyarakat sangat membutuhkan untuk berbagai kepentingan.

“karena fungsinya akta kelahiran itu sangat dibutuhkan, maka tak heran kalau sekarang anak yang baru dilahirkan, banyak yang langsung dibuatkan akta kelahiran”, ungkapnya.

Pemohon akta kelahiran baru paling banyak biasanya saat memasuki tahun ajaran baru sekolah dan bulan (jawa) pernikahan atau musim nikah. “kalau pengantinya buat nikahnya, sedangkan kalau musim masuk sekolah baru itu banyak karena mereka butuh buat daftar anaknya disekolah,” jelasnya. (am)

Facebook Comments

About the Author