Published On: Rab, Mar 23rd, 2016

Sedang Domino, Pelajar SMA Digaruk Sat Pol PP

TUBAN

DIBAWA : Sejumlah siswa SMA sederajat yang akan dibawa ke Kantor Sat Pol PP Pemkab Tuban

DIBAWA : Sejumlah siswa SMA sederajat yang akan dibawa ke Kantor Sat Pol PP Pemkab Tuban

seputartuban.com – Belasan siswa SMA sederajat di Kabupaten Tuban. Rabu (22/3/2016) siang diamankan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tuban dari sebuah warung kawasan Jalan Pramuka Tuban.

15 siswa-siswi itu dibawa ke Kantor Sat Pol PP Pemkab Tuban untuk didata dan dilakukan pembinaan.Mereka kepergok petugas saat sedang bermain domino, sedangkan beberapa lainya sedang merokok.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan dan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Pemkab Tuban. Wadiono mengatakan bahwa penindakan tersebut dilaksanakan untuk menegakkan Perda Nomor 02 Tahun 2013 tentang pendidikan.

“Meski tidak sedang membolos seharusnya para siswa ini usai mengikuti pelajaran ya pulang dulu. Ganti pakaian, izin kepada orang tua baru terserah mereka mau kemana. Bukanya malah nongkrong, melaksanakan kegiatan yang kurang pantas dengan masih mengenakan seragam sekolah sehingga tercermin tentang moral pelajar yang berperilaku kurang baik,” katanya.

Saat diamankan 6 siswa dua diantaranya seorang siswi sedang memainkan kartu domino. 3 siswa disudut lainya nampak asyik menyaksikan HP seperti sedang menonton sesuatu. Pelajar sisanya sedang bernyanyi sambil memainkan gitar dan merokok. Sesampainya di kantor Satpol-pp Tuban, seluruh siswa kemudian didata hingga dapat diketahui seluruh pelajar tersebut berasal dari  MAN Tuban, SMA 5 Tuban dan SMA 2 Tuban.

“Seluruhnya kita bina, mereka kami suruh membuat surat pernyataan agar tidak lagi mengulangi perbuatanya. Seluruh siswa tidak kami izinkan meninggalkan kantor jika tidak dijemput oleh pihak wali kelas, guru bimbingan konseling, atau orang tuanya,” lanjutnya.

Diharapkan dengan tindakan itu dapat menjadi efek jera bagi seluruh siswa. Sehingga tidak lagi dijumpai tindakan serupa dikemudian hari.

Terpisah, Kepala Bidang SMP / SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Nurkhamid mengatakan. Bahwa tindakan yang dilakukan masing-masing pelajar itu dapat berpengaruh pada kelulusan siswa. “Penentu kelulusan siswa saat ini dari masing-masing sekolah, salah satu indikator penentu kelulusannya dari perilaku siswa selama menjalani proses pendidikan. Siswa bisa saja tidak lulus bilamana terlibat tindakan kriminalitas dan perjudian,” jelasnya.

Akan memberikan pembinaan secara khusus kepada seluruh siswa tersebut melalui sekolahnya masing-masing. Dengan melibatkan wali kelas terkait sangsi yang diberikan kepada siswa. Agar para siswa tidak mengulangi perbuatanya dikemudian hari, atau siswa lainya melakukan perbuatan yang sama. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author