Published On: Ming, Sep 28th, 2014

SD di Tuban Kekurangan Guru Agama

Share This
Tags

TUBAN

BOLOS : Siswa banyak yang tidak masuk sekolah

aktivitas pembelajaran disebuah SD di Kabupaten Tuban

seputartuban.com – Kondisi pendidikan dasar di Kabupaten Tuban nampaknya masih sangat perlu mendapatkan perhatian serius. Karena hingga saat ini masih kekurangan guru agama. Padahal pembelajaran agama di sekola dasar sangat penting untuk pendidikan moral anak. Selain itu agar sebanding lurus dengan tagline Tuban Bumi Wali sudah seharusnya pendidikan agama sangat diutamakan.

Di wilayah Kabupaten Tuban terdapat  590 Sekolah SD, tersebar di 20 kecamatan. Sedangkan yang memiliki guru agama sebanyak 367 sekolah dan 223 sekolah tanpa guru agama secara tetap.

Hal jelas mempengaruhi kwalitas pendidikan agama ditingkat SD. Untuk mengurangi dampak buruk, sekolah harus mengangkat guru agama secara mandiri untuk mencukupi kekosongan ini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno, Sabtu (27/09/2014) membenarkan kekurangan guru agama ini. Bahkan juga kekurangan guru juga secara keseluruhan. Karena tiap tahun jumlah guru pensiun tidak sebanding dengan perekrutan CPNS baru.

“Kita saat ini sangat kekurangan guru, sebab setiap tahunnya banyak yang sudah habis masa jabatannya. Terutama bagi guru agama kita sangat kurang dan tidak ada pengangkatan dari pemerintah pusat,” jelas Sutrisno.

Untuk mengatasi hal ini, diserahkan sepenuhnya kepada sekolah masing-masing. Dengan diperbolehkan mengangkat Guru Tidak Tetap (GTT) untuk memenuhi kekurangan guru ini. Dengan syarat disesuaikan dengan kebutuhan jumlah tenaga guru.

“Namun mereka tidak ada jaminan dari Pemerintah Daerah nantinya akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengangkatan itu untuk mencukupi kekurangan guru yang ada, terutama bagi guru agama dan diharapkan mereka benar-benar mampu sehingga bisa menigkatkan mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Tuban,” ungkapnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. sd mana aja ni yang butuh guru agama,,,mungkin saya akan melamar untuk menjadi tenaganya, kalau ada alamatnya kan enak,,makasih