Published On: Rab, Mei 30th, 2018

Satu-satunya Pemuda Pelopor Jatim Asal Tuban Dari Guwoterus

seputartuban.com, TUBAN – Seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur sudah ke tahap 2. Yakni penilaian lapangan pada 16 sampai dengan 20 Juli 2018. Tahapan ini utusan Kabupaten Tuban yang masuk nominasi hanya seorang dari 4 orang yang dikirim. Yakni pemuda asal Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

SEMANGAT : Wahyudianto saat presentasi dalam seleksi pemuda pelopor tingkat Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu

Dia adalah Wahyudianto, pemuda alumni Pondok Pesantren dan lulusan sarjana pendidikan islam tersebut berhasil lolos dalam seleksi administrasi dan wawancara. Pemuda ini sehari-hari juga seorang guru ngaji dan pengisi program acara ngaji secara swadaya di Radio Komunitas milik lintas pendekar silat Pendekar Siaga  yang bernama Siaga FM.

Dia merupakan satu-satunya yang mewakili Kabupaten Tuban lolos dalam seleksi dalam tahap ini. Untuk memperebutkan juara, harus melalui penilaian lapangan. Jika mampu menjadi juara 1, akan mewakili Jawa Timur dalam seleksi tingkat nasional.

Dalam bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, dia bersaing dengan perwakilan dari Kabupaten Pacitan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Ponorogo serta dari Kabupaten Jombang. “Untuk dapat mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, maka kita harus mampu mewujudkan nilai manfaatnya alam itu. Sehingga ketika sudah dapat dirasakan, maka secara sadar masyarakat akan menjaga dan melestarikan alam tersebut,” kata Wahyudianto, Selasa (29/5/2018).

Yang diajukan dalam penilaian adalah upaya dirinya bersama Pendekar Siaga dan Pokdarwis Siaga dalam menyelamatkan alam kemudian dimanfaatkan menjadi wisata. Seluruhnya dilakukan secara suka rela dengan prinsip “Belajar Dadi Wong Urip, Ben Ora Dadi Urip-uripan” atau belajar jadi manusia agar tidak jadi hewan. “Itu prinsip universal kami agar bisa ikhlas menjalani semua upaya perjuangan kami,” imbuhnya.

Dia berharap dengan masuknya menjadi Pemuda Pelopor Jawa Timur dapat menjadi motivasi kepada sesama pejuang di wilayahnya. Selain itu juga dapat memberikan motivasi kepada pemuda lainnya di Tuban. Meski menjadi orang desa namun motivasinya jangan sampai kalah untuk berkembang dan maju. “Terima kasih kepada semua sesepuh dan rekan-rekan yang telah mendukung saya dalam seleksi ini. Semoga ini berdampak motivasi baik secara luas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pemkab Tuban, Sulistijadi mengatakan dari Kabupaten Tuban mengirim 4 peserta Pemuda Pelopor Kabupaten Tuban untuk mengikuti seleksi tingkat Jawa Timur tersebut.

“Ada beberapa pemuda pelopor yang dikirim ke provinsi, tapi yang nantinya akan ditinjau lapangan dari Tuban 1 orang. Ya Wahyudianto, mudah-mudahan peninjauan lapangannya berhasil bisa lanjut nanti,” katanya. (Fik/Nal)

Facebook Comments

About the Author