Published On: Sel, Apr 1st, 2014

Sarung Gedog Paling Diminati Peziarah Sunan Bonang

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Batik Gedog khas Tuban nampaknya diminati para peziarah makam Sunan Bonang Tuban. Selain banyak motif yang ditawarkan, beragam model yang tersedia mampu memikat pembeli.

BATIK LARIS : Batik Gedog Kerek paling diminati peziarah Sunan Bonang

BATIK LARIS : Batik Gedog Kerek paling diminati peziarah Sunan Bonang

Pemilik toko penjual batik yang berada di kawasan Makam Sunan Bonang, Nunug Fatah (56), saat diwawancarai, Senin (31/3/2014) mengatakan batik dari Kecamatan Kerek memiliki ciri khas tersendiri. Diantaranya bermotif rindang siwalan, unyeng-unyeng, anggur kupu, manuk emprit, ayam alas dan cumi-cumi. Banyaknya motif memikat pembeli dan penjualanya meningkat. “rata-rata yang jenis kaos maupun celana, bahannya dari kain katun. Tapi ada juga yang dari bahan kain santung linear untuk jenis sarung maupun jubah,” ungkapnya.

Karena lokasi makam sang Sunan yang tersohor, batik gedog yang paling diminati pembeli adalah sarung dan jubah dari berbagai jenis batik Tuban. Dengan rata-rata penjualan sarung perhari bisa 100 potong lebih. “Harganya variasi. Mungkin sudah semestinya kalau jenis itu yang paling tinggi penjualannya, karena tempat jualnya disekitar makam,” imbuhnya.

Nunug menjual batik dari pengrajin asal Kecamatan Kerek yang paling laris. Yakni dari batik asal Desa Gaji, Desa Margorejo dan desa Karanglo. Selain itu juga menjual batik dari pengrajin Desa Gesikharjo Kecamatan Palang, Desa Karang dan Prunggahan Kulon kecamatan Semanding serta dari pengrajin Desa Sumurgung Kecamatan Tuban. (am)

Facebook Comments

About the Author