Published On: Sen, Jan 30th, 2017

Sarbumusi Ajak Masyarakat Cerdas Hadapi MEA

seputartuban.com, TUBAN – DPC Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) NU Kabupaten Tuban mengajak masyarakat Tuban khususnya, para buruh muslim untuk peka dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Yakni dinamika dunia usaha dan ketenagakerjaan yang penuh dengan persaingan bebeas.

BARU DILANTIK : Pelantikan pengurus Sarbumusi Tuban di Pendopo Krido Manunggal

Ketua DPC Sarbumusi NU Tuban, Irham Syah setelah acara pelantikan dan seminar nasional, sabtu (28/1/2017) siang di Pendopo Krido Manunggal Pemkan Tuban, menyampaikan masyarakat kelas buruh di Kabupaten Tuban masih lemah dan lambat. Yakni dalam membaca kondisi atau gambaran dunia usaha dan ketenagakerjaan setelah satu tahun berlakunya MEA.

“Kita sudah menjalani iklim MEA satu tahun lebih. Namun masyarakat utamanya kaum buruh masih buta dengan potret dinamika dunia usaha dan ketenagakerjaan,” katanya.

Perlunya memahami dinamika dunia usaha dan ketenagakerjaan diharapkan masyarakat bisa membuat gebrakan dan mencari celah manfaat dengan diberlakukannya MEA “Dengan adanya MEA jangan sampai justru membuat kaum buruh buntung atau mengalami kemadhorotan,” lanjutnya.

Sehingga Sarbumusi akan terus mengawal para kaum buruh muslim untuk bisa peka dan cerdik dalam memahami perkembangan dunia usaha di era MEA. Ditambah lagi Tuban mulai saat ini sebagai bagian daerah yang menyumbang pertumbuhan industrialisasi. “Sebentar lagi Tuban juga akan didirikan kilang minyak nasional. Jika masyarakat buruh tidak terkawal dan terdampingi, keberadaan kita  akan semakin tertindas dan hanya menjadi tumbal industrialisasi di tanah sendiri,” tegas Irham.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda, dalam sambutannya di acara tersebut selain menyampaikan apresiasinya juga menjanjikan untuk terus mengawal dan membantu kesejahteraan kaum buruh. Menurutnya majunya industrialisasi tidak lepas dari peningkatan kesejahteraan karyawannya.

Sekedar diketahui, kegiatan yang berlangsung di Pendopo Krido Manunggal merupakan pelantikan DPC Sarbumusi NU Kabupaten Tuban Masa Bhakti 2017 – 2021. Dalam acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Tuban, M Miyadi sekaligus dewan penasehat DPC Sarbumusi NU Tuban. Dia  juga turut serta mengisi materi seminar. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author