Published On: Rab, Des 12th, 2012

Sambut Natal Dan Tahun Baru, Polres Gelar Operasi Lilin

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Suhartono

seputartuban.com – Menjelang Natal dan tahun baru, Polres Tuban melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Yakni TNI, Dinas perhubungan (Dishub), Satuapan Pamong Praja (Sat PP), Banser, PMK, Kompi, Dinas Pariwisata, Sub Den Pom TNI dan Orari.

Dalam Rakor ini operasi Lilin ini, sebanyak 42 gereja menjadi obyeknya pengamanan Natal. Terdiri dari 14 obyek terdapat di wilayah kota, dan lainnya di sejumlah kecamatan. Pengamanan terbagi menjadi 3 jenis, yakni jenis A dengan tingkat kerawanan tinggi. Dengan jumlah jemaat gereja diatas 500 anggota dan letak gereja di jalur pantura.

Sedangkan jenis B dengan tingkat dengan tingkat kerawanan tinggi, jumlah jemaat dibawah 500 anggota dan letak gereja berada di jalur protokol. Adapun untuk jenis C dengan tingkat kerawanan kecil, jemaat antara 50 hingga 100 anggota, dan letak gereja berada di wilayah kecamatan. Ops lilin ini akan dilakukan mulai sejak 23 Desember 2012 hingga tanggal 1 januari 2013.

Sebagai antisipasi kriminalitas, sejumlah kawasan menjadi perhatian khusus. Diantaranya Jalan Tuban – Bulu KM 10 hingga 12, desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Dan Jalan Tuban – Widang KM 8 hingga 9, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Serta sejumlah kawasan lain seperti Pangkalan Truck, Desa Pakis, Kecamatan Widang. Juga Jati peteng, Desa Sumurgung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Kabag Ops, Polres Tuban, Kompol Suhartono, saat dikonfirmasi Selasa (11/12/2012) mengatakan bahwa, pelaksanaan pengamanan melalui Ops Lilin ini sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait. Dengan tujuan agar pengamanan bisa berjalan dengan maksimal. Selain itu juga bisa mengkondisikan natal dan tahun baru agar tingkat kerawanan bisa diminimalisir.

“Terkait jumlah anggota yang akan kami terjunkan masih akan melihat kondisi dan situasi dilapangan. KOps Lilin akan kami lakukan dengan baik, mulai pengamanan obyek vital selama 10 hari. Namun apabila diluar itu masih membutuhkan pengamanan, tetap akan kami lakukan meskipun diluar Ops Lilin, karena sudah menjadi kewajiban,” tegasnya.

Foto : Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Suhartono

Facebook Comments

About the Author