Published On: Sen, Apr 15th, 2013

Salah Soal, UN Siswa MAN Rengel Tertunda

Share This
Tags

RENGEL

UN tertukar

RESAH : Lantaran naskah UN tertukar, ujian siswa MAN Rengel Tertunda

seputartuban.com – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel terhambat. Pasalnya kelas 12 program agama terkendala saat akan mengerjakan naskah UN. Karena tertukar dengan naskah pelajaran bahasa dan sastra indonesia.

Sebanyak 35 siswa dari 2 ruangan MAN Rengel harus rela bersabar. Meski sampai pukul 10.00 WIB, naskah jurusan agama belum diberikan kepada siswa. Sementara siswa lain diruangan yang berbeda sudah selesai mengerjakan soal UN.

Disela-sela menunggu soal datang, para siswa ada yang sambil belajar. Ada juga yang sambil melantunkan sholawat nariyah. Namun mereka nampak cemas, menunggu kedatangan soal UN.

Salah satu siswa kelas 12 jurusan program agama, Ihyaudin Al Muzaka saat dikonfirmasi mengatakan dirinya tidak dapat ujian karena soal tertukar.

Siswa asal Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, dengan nomor peserta UN 15-516-241-B mengaku sedih. Karena tidak dapat mengerjakan soal UN tepat waktu. “Saya tetap menunggu sampai datang. Sudah sejak pagi pukul 08.00 tadi. Ya mau gimana lagi, kita malah terganggu konsentrasinya, ” katanya.

Sekretaris Sub Rayon, Kecamatan Rengel, Ulafahayati saat dikonfirmasi di ruangan ujian MAN Rengel, Senin (15/04/2013) membenarkan adanya kejadian ini. Karena sampul naskah bertuliskan program keagamaan, ternyata setelah dibuka pengawas, isinya soal mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, untuk Program Bahasa.

Lebih lanjut, menurut Waka Kurikulum, MAN Rengel itu siswa tidak mungkin mengerjakan soal tersebut. Karena soal yang ada bukan jurusan mereka. Setelah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Pemkab Tuban dan Tim Pemantau Independen memutuskan soal dikembalikan.

Kemudian dari pihak Disdikpora meminta soal dari Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jatim. ” Tadi dinas sudah menjemput soal. Informasi terakhir sudah sampai babat. Memang tertunda, jadi kita harus menunggu, ” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author