Published On: Jum, Sep 11th, 2020

Kuatkan Ketahanan Pangan dan Geliatkan Ekonomi Desa, Babinsa Sukses Budidayakan Semangka

seputartuban.com, TUBAN – Situasi tengah Pandemi Corona Virua Disease 2019 (Covid-19) tidak membuat Kodim 0811 Tuban berpangku tangan. Bahkan kerja ekstra untuk membantu masyarakat. Usaha itu sudah berhasil hingga membuat petani panen semangka melimpah. Seperti yang sudah dipanen di Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Talun, Serda Eko Rudiyanto menjelaskan lesunya perekonomian akibat Covid-19 dirasakan hingga desa. Sehingga peran kepada masyarakat ia jalankan. Tidak hanya pendidikan soal kesadaran penerapan protokol kesehatan. Lebih dari itu, ia membina masyarakat untuk menghasilkan pendapatan baru agar perekonkmiannya semakin lebih baik.

Sehingga mengajak puluhan masyarakat untuk menanam semangka. Hasilnya setelah dirawat, Semangka hasil panen memiliki nilai ekonomi tinggi. Bahkan habis terjual. “Kita mencoba untuk mengedukasi semangat masyarakat dalam agro bisnis, karena panen umur pendek hanya 60 hari,” katanya, Kamis (10/9/2020).

Masih menurut Eko, lahan yang dimanfaatkan untuk bertani Semangka sekitar 1 hektar. Mampu menghasilkan semangka 20-30 ton. Dengan hasil super semangka dengan berat 8 Kg. Sehingga sudah masuk kategori A dengan berat 4 Kg keatas.

“Alhamdulilah, baru pertama kali tanam dan hasil panen cukup memuaskan. Semoga masyarakat bisa terus menanam semangka untuk menambah pendapatan,” harapnya.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E., M.I.Pol menambahkan, Serda Eko Rudiyanto berhasil mewujudkan ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi desa. Selain kemanunggalan TNI juga menghasilkan manfaat baru bagi masyarakat dan bangsa.

Hasil dari panen buah semangka itu sebagian di jual ke kota. Bahkan 60% dari hasil tersebut diminati oleh pasar semangka dari Jateng dan Jabar karena hasilnya cukup baik. “Kegiatan ini semoga dapat menambah motivasi bagi Babinsa yang lain untuk terus bersama masyarakat dan bermanfaat. Sedangkan sebagian dari hasil panen juga disumbangkan ke beberapa keluarga di desa sekitar yang dirasa kurang mampu,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos