Published On: Kam, Jan 1st, 2015

Rumah Warga Klumpit Tertimbun Longsor

Share This
Tags

SOKO

BERSATU : Bahu-membahu membantu korban longsor

BERSATU : Bahu-membahu membantu korban longsor

seputartuban.com – Rumah milik Munadi (47), warga Desa Klumpit, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Selasa (30/12/2014) sekitar pukul 17.00 WIB hancur sebagian karena tertimpa longsoran tanah. Kejadian ini setelah kawasan tersebut diguyur hujan lebat hingga 2 jam.

Camat Soko, Muji Slamet mengatakan longsor ini disebabkan karena disekitar tebing tersebut tidak ada pohon yang dapat menahan pergerakan tanah. Tiap kali hujan lebat selalu tergerus air, sehingga akumulasi kondisi ini menyebabkan longsor.

“Disekitar tebing itu tidak ada pohon yang dipakai untuk menahan tanah sehingga menyebabkan longsor,” katanya Rabu (31/12/2014).

HANCUR : Kondisi rumah yang tertimpa longsoran

HANCUR : Kondisi rumah yang tertimpa longsoran

Akibat kejadi itu, kerugian yang diderita pemilik rumah ditaksirkan mencapai Rp. 50 juta. Warga bersama pemerintah desa yang dibantu anggota TNI, membantu korban untuk membersihkan puing-puing reruntuhan rumah dan memperbaiki rumah yang kondisinya hanya rusak parah.

Sementara itu, pemerintah kecamatan sudah melaporkan kejadian ini kepada pemerintah daerah agar diberikan bantuan. “Kita sudah mengusulkan kepada pemerintah daerah agar diberikan bantuan. Sebab rumah korban mengalami rusak parah,” sambungnya.

Mantan Kepala Dinas Pertambangan Kab. Tuban ini menghimbau agar masyarakat yang tinggal didaerah sekitar tebing maupun pemukiman biasa tetap berhati-hati.

Sebab dari perakiraan cuaca untuk bulan Januari dan Pebruari mendatang curah hujan tinggi. Sehingga masih berpotensi terjadi bencana banjir dan tanah longsor. “Warga harus selalu waspada, sebab bencana bisa datang kapanpun dan tiba-tiba,” tegas Camat Soko. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author