Published On: Ming, Nov 15th, 2015

Rumah Nenek Senilai Rp. 250 Juta Ludes Terbakar

PARENGAN

LUDES : Petugas gabungan dibantu masyarakat saat melakukan pembasahan

LUDES : Petugas gabungan dibantu masyarakat saat melakukan pembasahan

seputartuban.com – Rumah kayu klasik milik Suminah (70), warga Dusun Jati, Desa Parangbatu, Kecamatan Parengan, Sabtu (14/11/2015) siang ludes terbakar. Kebakaran disebabkan pompa air meledak dan membakar rumah.

Kejadian bermula saat korban sedang memasak, kemudian ia menghidupkan pompa air. Setelah itu ia tidur di ruangan bagian depan. Kemudian pompa meledak dan percikan api membakar tumpukan kayu di dapur.

Karena bangunan rumah ukuran 9 meter X 15 meter seluruhnya terbuat dari kayu dan hembusan angin membuat api cepat membesar. Hingga pemadaman manual yang dilakukan para tetangga korban tidak membuahkan hasil.

“Api cepat membesar dan menjalar keberbagai ruangan. Karena seluruh sudut rumah kontruksi bangunanya terbuat dari material kayu,” ungkap Kapolsek Parengan, AKP Ahmad Kusrin.

Beruntung, tetangga korban, (45), yang mengetahui peristiwa ini membangunkan korban yang sudah renta tersebut dan menggendongnya keluar rumah. Api berhasil padam 30 menit kemudian dengan 1 Unit mobil pemadam kebakaran. Namun kondisi rumah sudah menjadi arang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian korban ditaksir mencapai Rp. 250 juta. Karena seluruh rumah sudah menjadi arang.

“Dari hasil olah TKP yang kami laksanakan ditambah beberapa bukti akurat dari masyarakat maka kami menyimpulkan bahwa penyebab musibah kebakaran itu dari konsleting listrik,” pungkasnya.

Akibat kejadian ini para pihak terkait, termasuk pihak Polsek Parengan membantu korban. Dengan koordinasi beberapa pihak agar membantu membuatkan rumah darurat. Diantaranya bantuan kayu untuk membuat rumah sederhana.

Akhir bulan lalu, Minggu (27/09/2015) pagi , rumah milik Sukono (55), warga Desa Kemlaten, Kecamatan Parengan, juga terbakar. Akibat kejadian ini korban menderita ratusan juta rupiah. Karena bangunan rumah juga habis terbakar. Kebakaran parah ini sudah kali kedua di wilayah Kecamatan Parengan selama 2 bulan terakhir. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author