Published On: Sel, Jul 19th, 2016

Rumah Budaya Putri Asih Sarana Lintas Masyarakat

MONTONG

seputartuban.com – Kabupaten Tuban memiliki potensi wisata, kebudayaan dan aset sejarah yang bagus. Namun potensi tersebut perlu diimbangi dengan kesiapan dan kepekaan masyarakat. Untuk meraih peluang tersebut untuk mengembangkan diri.

SEMANGAT : Ketua Rumah Budaya Putri Asih, Siswo Nur Wahyudi saat memimpin rapat

SEMANGAT : Ketua Rumah Budaya Putri Asih, Siswo Nur Wahyudi saat memimpin rapat

Ketua Rumah Budaya Putri Asih, Siswo Nur Wahyudi, mengatakan bahwa sebenarnya seniman di Kabupaten Tuban tidak sedikit, hanya saja mereka perlu optimalisasi komunikasi. “Seniman yang satu dengan yang lainnya perlu konek (nyambung),” katanya, Senin (18/7/2016).

Rumah Budaya ini tidak hanya menjadi tempat bagi seniman tapi juga untuk sarana pemberdayaan masyarakat. “Kita perlu membuat medan magnet untuk menyatukan mereka satu persatu. Menciptakan wadah untuk berkreasi, kita berkarya dan menyambungkan mereka,” lanjut Siswo.

Atas dasar tersebut, Bapak empat anak itu bersama orang yang sehati membentuk Rumah Budaya Putri Asih. Dengan potensi wisata, budaya dan aset sejarah yang ada di kabupaten Tuban, pihaknya optimis bisa membangun kembali kesenian dan kebudayaan Tuban.

“Masalahnya kita kurang peka untuk tergerak. Satu aktor saja yang mengawali, mengangkat kesenian melalui potensi yang ada di Tuban, lalu menyatukan yang lainnya (seniman). Wajah kesenian Tuban akan garang kembali,” tegasnya.

Dengan pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan-pelatihan kemudian dibina untuk menjaga kualitas dan pemasaran akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Lidi satu tak cukup untuk menyapu halaman rumah. Berkarya secara perlahan, membuat sanggar budaya dan menyatukan mereka,” pungkas Siswo.

Diketahui, dalam waktu dekat (31/7/2016), pihaknya akan menggelar lomba mewarnai gambar berdimensi untuk anak usia dini dan siswa Sekolah Dasar sederajat. Pada bulan agustus ini juga akan menggelar sejumlah kegiatan kebudayaan di lingkungan Gua Putri Asih. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author