Published On: Ming, Agu 19th, 2012

Rukyatul Hilal Tidak Nampak, Tapi Lebaran Bersama

Share This
Tags

Penulis: Hanafi

JENU

seputartuban.com – Kementrian Agama Kabupaten Tuban, seperti tahun-tahun sebelumnya. Yakni sebagai kepanjangan tangan dari Kementrian Agama RI dalam penentuan 1 Syawal 1433 Hijriyah, melakukan Rukyatul Hilal atau melihat tanda bulan di pelabuhan khusus PT Semen Gresik, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Sabtu (18/08/2012).

Dihadapan para undangan, saat prosesi rukyatul hilal dilakukan tanda bulan tidak dapat dilihat karena terhalang cuaca. Meski secara perhitungan astronomi bulan dapat dilihat dengan kasat mata atau dengan menggunakan alat bantu.

Kepala Kemenag Tuban, Leksono saat dikantornya usai Rukyatul Hilal mengatakan, meski di Kabupaten Tuban tidak terlihat hilal. Namun secara resmi pemerintah sudah memastikan bahwa hari raya Idul Fitri jatuh pada Minggu (19/08/2012). “di daerah lain banyak yang melihat dan tadi sudah dipastikan kalau hari raya pada minggu,” tegasnya.

Hadir dalam acara ini, perwakilan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) islam, Kyai, Kepala KUA, perwakilan MUI Kabupaten Tuban, perwakilan pemerintah Kabupaten Tuban, serta perwakilan Polres Tuban.

Foto : Aktivitas Rukyatul Hilal di Pelabuhan PT Semen Gresik

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos